3

Kencan

#odopfor99days #day95
Bismillahirrahmanirrahim

IMG_3005e.jpg

Hari itu adalah hari bersama suami. Pagi-pagi saya diminta untuk latihan lagi nyetir mobil. Nah, nyetir mobil ini harus dipaksain memang. Kepentingan keluar kota dan supir lebih dari satu akan dibutuhkan ke depannya. Kasian pak supir kalau gak ada yang gantiin. Dan saya pun merasa malu kalau disetirin sama ibu mertua. Merasa gak guna gini eung.

Alhamdulillah suami punya ilmu nyetir dengan benar. Katanya dulu diajarin safety riding di kantornya waktu pernah kerja di Kalimantan. Saya akui nyetirnya kalo suami saya nyetirnya oke. Taat aturan. Bisa ngebut di situasi yang memungkinkan. Cuma ngocehnya aja sih yang harus dikurangi. Hehe

Selepas belajar nyetir, saya pun diajak nonton. Wiih. Itu mah ya, bahagia banget. Gak penting filmnya apa. Yang penting diajaknya itu yang bikin saya berbunga-bunga. Ditambah lagi abis nonton saya diajak makan siang berdua di cafe. Aduuh berasa nih pacarannya. Maklum pacaran baru abis nikah. Wkwkwkwk

Kalau lagi momen-momen gini nih pengennya lamaa banget si waktu. Soalnya segala obrolan pasti masuk. Dan semua pembicaraan jadi lebih tenang, lebih terarah. Biasanya kalau ngobrol di rumah suka gak tuntas karena berbagai alasan. Yang satu ngantuk, satunya nonton bola, nemenin anak tidur trus ikut tidur, gitu-gitu lah. Hehe

Semoga sering ada momen berdua gini, supaya komunikasi lebih clear. Saya suka banget dan seneng banget di hari itu. Terima kasih suamiku.

Advertisements
1

Bogor dalam Ingatan

#odopfor99days #day94
Bismillahirrahmaanirrahiim

2 Januari 2011
Saya berangkat dengan travel door to door yang namanya dulu masih melambung. Diantar lambaian tangan orangtua membawa saya ke kota hujan. Kota dimana saya mengadu nasib. cailah. Saya bersama adik kelas saya Yttria, yang tergila-gila dengan The Beatles dan impian besar kuliah di Inggris ini, kos bareng satu kamar. Dan itu adalah kamar kenangan penuh cerita.

3 Januari 2011
Hari pertama saya bekerja di konsultan di dalam kebun raya Sheilsflynnasia. Menurut saya ini kantor bergengsi, secara bosnya aja di Inggris sana. Saya merasa beruntung bisa bekerja di sini.

Itu awal saya di Bogor. Saya dan Yttria menapaki hari-hari di Bogor yang penuh dengan angkot itu. Pulang malam sudah jadi santapan kami setiap hari. Walaupun secara teori kami disuruh pulang pukul 6 pm. Bogor dalam ingatan, hanya ada 2, yttria dan sheilsflynnasia.

Y.T.T.R.I.A

Gadis kurus lebih tinggi dari saya dan berkacamata. Memiliki passion yang bagus, tapi dia selalu menampik hal tentang dirinya. Saya kadang menyebutnya dengan Yttria ‘vintage‘ Ariwahjoedi. Orangnya punya hati teguh, walaupun kadang cepat luluh. Kadang polos, tapi kadang juga berani banget.

Setiap ada waktu di weekend yang kosong, kalau kita lagi gak ada jadwal pulang ke Bandung, kami menyempatkan main ke sekitar Bogor atau Jakarta. Hehe, maklumlah kita mah anak rumahan di Bandung. Babaloey, si kamera dslr nikon, selalu menemaninya kemana dia pergi, walaupun katanya sekarang dia sudah almarhum.

Dia suka sekali fotografi, hal-hal vintage, dan romantis. Pernah juga saya diajak nonton film Korea sampai habis. Kalau gak salah 19 episode? pernah juga kita sampai streaming demi nonton sinetron apa coba? Putri yang tertukar. wkwkwk. Soalnya di kamar kos kita gak ada tv nya sih.

Dia punya mimpi kuliah di Inggris. Chevening yang katanya seleksinya luar biasa, dia bilang, ah saya mana bisa masuk. Rupanya memang, mimpi itu harus sering kita ucapkan, ungkapkan, tuliskan, doakan. Sekarang dia lagi menyelesaikan thesisnya di Sheffield. Tempat kelahirannya dulu, tempat dulu papanya kuliah. Alhamdulillah, barakallah ya neng ytt. Hehe. Semoga cepet beres kuliahnya, dan bisa berkarya di Indonesia. Oia cepet nikah! sama Ahmad??

Thanks for the history with you, Yttria 🙂

Sheilsflynnasia

sfa

Foto Bareng pas Open House 

Kantor lanskap. Kenapa? Gatau juga, iseng aja. Tapi pernah pengen juga kerja di luar kota, mencoba kota lain. Ketika tugas akhir saya tentang lanskap, saya pun berani untuk melanjutkan per-lanskap-an ini dalam bekerja. Setelah lulus, saya tidak langsung bekerja tetap. Dan ini kantor pertama saya bekerja secara formal. Sebelumnya saya cuma ikut penelitian dosen, ikut proyek ini, itu, gitu aja.

SFA, lokasinya asri banget, di dalem Kebun Raya Bogor. Kalo istirahat, kita suka makan keluar. Jadi kaya acara makan-makan terus kalo lagi jam makan siang. Tapi pernah akhirnya ditegur, makan siang kelamaan, jadi malah dikasih jadwal meeting jam 12 teng. wkwkwkwk.

Temen-temenya asik-asik. Bosnya juga asik. Yang gak asik tuh pulang malemnya aja sih. Saya mah jujur, anak rumahan. Tiap magrib udah dipanggil-panggil, “ada dimana? pulang jam berapa? pulang sama siapa?” dan sebagainya. Jadi saya juga merasa aneh aja kalau pulang lewat magrib. Tapi jadi kebiasaan juga akhirnya. Trus kantornya mungkin cuma cocok buat yang single kali ya? Soalnya kalau pulang jam 9 atau 10, gimana main sama anaknyaaa?? Kritik terpendam baru keluar sekarang.

Saya enjoy banget saat itu, kerja di sini, masih single juga da sayanya. Proyeknya keren-keren. Banyak yang bisa saya dapat. Pernah ditanya sama salah seorang teman kantor, “Fin, kamu gak minat sekolah lagi?” dengan santai saya jawab “Ah enggak pak, nanti dulu deh”.

Tapi rupanya Allah punya rencana lain. Tiba-tiba ada satu hal yang membuat saya harus kuliah. Alasannya agak lucu sih. Tapi demi keprivasian, saya gak ceritain ah. Saya mengutarakan ingin kuliah kepada bos, tepat di hari saya dikasih selamat bahwa saya sudah melewati masa percobaan dan akhirnya menjadi junior landscape architect. Di situ saya merasa sedih, menyesal. Untuk apa saya resign hanya untuk alasan itu. Sampai saya juga nangis-nangis pas daftar ulang kuliah. Memalukan sodara-sodara.

Thank you sheilsflynn 🙂

Dua kenangan tidak terlupakan. Terima kasih

1

Apa yang Sedang Saya Lakukan Saat Ini

#odopfor99days #day93
Bismillahirrahmaanirrahiim

Ikutan juga sama para pengikut kulwap mas Adjie Silarus untuk menuliskan apa yang menjadi prioritas saat ini. Mungkin bukan tersusun prioritas, hanya disusun atas peran saya sebagai apa, dan juga tidak semua apa yang saya lakukan sekarang, beberapa adalah harapan ke depan.

Sebagai hamba Allah yang banyak dosa:
– Sholat, berusaha untuk tidak menunda-nunda sholat. Apalagi Isya, yang suka di belakang.
– Tilawah rutin. Yang penting rutin. Memulai baca tafsir. Ngajak teu nanaon lah. Seketemu buku atau tulisan aja sih.
– Mau ODOA, tapi masih tahap kepengen.

Sebagai istri:
– Berusaha berwajah manis hehe
– Berusaha memperbaiki penampilan untuk suami
– Berusaha taat dan membantu segala hal yang bisa saya bantu

Sebagai ibu:
– Berusaha menjadi ibu yang baik. Mau direpotin. Masih dalam tahap teori untuk beres semua hal tentang anak sebelum ke kantor.
– Berusaha untuk Sadar Penuh Hadir Utuh pas lagi diajak main sama anak.

Sebagai anak:
– Membantu orangtua
– (sedang berusaha untuk) Tidak merepotkan orangtua
– Sangat mengusahakan orangtua untuk melunasi hutang2nya, serta umroh lalu haji

Sebagai lulusan magister:
– Sedang mengerjakan beberapa proyek yang kadang terasa keteteran.
– Berusaha Dagang!

Udah itu aja sih. Sekian dan terima kritik serta saran.

1

BELAJAR MENJAMU TAMU DARI NABI IBRAHIM AS

#odopfor99days #day92

Bismillahirrahmaanirrahiim

Saya selalu ingat ibu dan juga nenek, yang selalu mengistimewakan tamunya. Saya ataupun kakak, seringkali keluar mengendap untuk membeli makanan untuk tamu tersebut. Bahkan kalau kata ibu, dulu nenek menghidangkan apa yang terbaik yang ada di rumahnya. Padahal anak-anaknya belum tau mau makan apa pada saat itu.

Jadi ingat kisah seorang sahabat yang menjamu tamu dengan mematikan lampu di rumahnya. Kemudian disuguhkannya makan malam saat itu. Sang sahabat ini hanya membawa piring dan sendok, dengan membunyikannya sesekali. Sedangkan tamunya memakan makanan yang dihidangkan. Kalau tidak salah, memang hanya makanan itu yang tersisa. Selesai makan, semua dibereskan dan para tamu menganggap tuan rumah pun ikut makan.

Berikut ini ada copas artikel menarik tentang menjamu tamu. Bisa juga searching, browsing, karena udah banyak sekali yang membahas tentang bagaimana menyambut tamu.

Kunjungan tamu merupakan sebuah kehormatan bagi tuan rumah namun apakah kita mengerti bagaimana bimbingan islam menyambut tamu?

Mari belajar dari Nabi Ibrahim Alaihi Salaam :

هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ ضَيْفِ إِبْرَاهِيمَ الْمُكْرَمِينَ (٢٤) إِذْ دَخَلُوا عَلَيْهِ فَقَالُوا سَلامًا قَالَ سَلامٌ قَوْمٌ مُنْكَرُونَ (٢٥) فَرَاغَ إِلَى أَهْلِهِ فَجَاءَ بِعِجْلٍ سَمِينٍ (٢٦) فَقَرَّبَهُ إِلَيْهِمْ قَالَ أَلا تَأْكُلُونَ (٢٨) فَأَوْجَسَ مِنْهُمْ خِيفَةً قَالُوا لا تَخَفْ وَبَشَّرُوهُ بِغُلامٍ عَلِيم(٢٨)ٍ (الذاريات 24- 28)

(24) Sudahkah sampai kepadamu cerita tentang tamu Ibrahim yang dimuliakan?

(25) (ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan: “keselamatan untukmu”. Ibrahim menjawab: “keselamatan untukmu orang-orang yang tak dikenal.”

(26) Maka dia pergi dengan cepat secara diam-diam menemui keluarganya, kemudian dibawanya daging anak sapi gemuk.

(27) lalu dihidangkannya kepada mereka. Ibrahim lalu berkata: ” Silahkan anda makan.”

(28) (Tetapi mereka tidak mau makan), karena itu Ibrahim merasa takut terhadap mereka. mereka berkata: “Janganlah kamu takut”, dan mereka memberi kabar gembira kepadanya dengan (kelahiran) seorang anak yang alim (Ishak)

[Adz-Dzaariyaat : 24-28 ]

Adab yang bisa kita pelajari dari beliau dalam menyambut tamu adalah :

Bersegera dalam menyambut dan menjamu tamu.

Beliau bersegera untuk mendatangi keluarganya dan mempersiapkan hidangan untuk menjamu tamunya. Tanpa harus menawari dulu kepada tamunya.

Asy-Syaikh Al-‘Utsaimin rahimahullaah berkata:” (فراغ ) para ulama berkata:” artinya pergi dengan cepat secara diam-diam, dan ini termasuk dari tata krama yg bagus dalam menjamu tamu, pergi dengan cepat agar tidak menunda dia menyantap makanan

[Syarhu Riyaadhish Shaalihiin baabu bayaani katsrati thuruqil khair]

Menjawab salam dengan yang terbaik

Dalam ayat di atas juga terdapat tuntunan dalam menjawab salam, yaitu dengan serupa atau yang lebih baik, sebagaimana firman Allah (artinya):

“Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan (salam), maka balaslah penghormatan (salam) itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (dengan yang serupa).”
[An Nisa’: 86]

Menghidangkan kepada tamu dengan hidangan yang paling baik

Asy-Syaikh Muhammad bin Shaalih Al-‘Utsaimin rahimahullaah berkata:

” ulama berkata:” bahwasanya anak sapi adalah termasuk dari jenis daging yg paling baik, karena dagingnya lembut dan lezat

[Syarh Riyadhish Shaalihiin baabu bayaani katsrati thuruqil khair]

Meletakkan hidangan tersebut di dekat tamunya

Nabi Ibrahim meletakkan hidangan tersebut tidak jauh dari tempat para tamunya. Ini tentunya untuk memudahkan tamunya menikmati hidangan tersebut

Menyambut/mengajak bicara dengan bahasa yang sopan dan baik

Langsung melayani tamu tanpa bantuan pelayan

✒ Abu Sufyan Al Musy Ghofarohullah

dalam2

sumber: food.detik.com

1

Musim gugur daun berubah warna

#odopfor99days #day91
Bismillahirrahmaanirrahiim

Pernah denger kalau jenis deciduous tree akan berubah warna pada saat musim gugur kan?

Kenapa?
Karena mereka kehilangan molekul klorofil hijau, sehingga mengijinkan pigmen kuning-orange bersinar. Deciduous tree menggugurkan daunnya setiap tahun untuk menghindari terbuangnya energi saat musim dingin. Gugurnya daun menjadi terlalu berlebihan. Jika pohon kehilangan semua nutrisinya, mereka bekerja keras menyerapnya dari tanah untuk membentuk kembali daun setelah musim dingin berakhir.

Jadi sebelum musim gugur, setiap pohon akan me-recycle daun, sebelum menggugurkannya. Yang berarti, mereka membongkar sel, serta bagian untuk fotosintesis dari dalam ke luar untuk menutup nitrogen dan fosfor dan menyimpannya di ranting serta batang sampai musim semi tiba.

Bahkan Allah memikirkan pohon sampai sedetail ini sistemnya. Berikut ini video lengkap penjelasan tentang pohon yang berganti warna saat musim gugur.

Janet Rock, kepala botani dari Taman Nasional Great Smoky Mountains menjelaskan bahwa klorofil, memberikan warna hijau bagi daun, namun ketika warna tersebut mulai memecah, maka pigmen warna lainnya akan bermunculan. Singkatnya, semua itu adalah proses hiperkompleksitas yaitu bagaimana semua kimia organik yang melibatkan hormon dan perubahan warna yang beragam bergantung pada kondisi cahaya dan suhu.

Sumber: klik di sini

4636

Lovely London in Autumn. sumber: lbc.co.uk

1

Ketika marah adalah sebuah teguran

#odopfor99days #day90
Bismillahirrahmaanirrahiim

Disaat saya sedang kesal, kesal, kesal, dan kesal pada sejumlah manusia, saya selalu ingin menangis. Ya, sepertinya memang amarah saya tertumpah di tangisan. Pun ketika menghadapi orangnya. Eugh, saya tahan sebisa mungkin, dan memilih tidak perlu berkata apapun, daripada emosi semakin meluap dan banjir bandaaang.

Saya cukup sabar. Ya, menurut saya, dan ini menunjukkan kalau memang saya orangnya kurang sabar kan? Ya Allah, mungkin saya teh kurang minta, kurang bersimpuh, terlalu sibuk dengan dunia. Jadi kekesalan, kurang sabar jadi tertanam di dalam jiwa. Eh jangan sampai sih.

Apa yang kalian lakukan ketika orang lain yang lebih lambat datang, dilayani lebih dahulu, sedangkan anda yang datang lebih cepat, justru mendapat pelayanan yang klemer-klemer. Marah kan? Aduh, mungkin itu teguran buat saya dari Allah Yaa Rahiim. Mungkin segala sesuatu yang saya kerjakan buat orang lain pun, suka saya tunda-tunda. Astaghfirullah. Maapkan ya buat yang ada hajat sama saya dan belum selesai. Maafkan saya terlalu egois.

Memang indah sekali kalau kita sedang marah, lebih baik kita diam, segera menyendiri, istighfar, evaluasi apa yang salah dari diri kita, mungkin kurang ibadah, kurang deket sama Allah, terlalu egois. Dan ketika sudah menemukan hikmahnya, kita kembali tersenyum untuk kembali ke jiwa yang bahagia. *teorisemogagakcumateori*

Jadi teringat kemarin pagi, tidak sengaja menonton infotainment yang sedang menceritakan artis berulangtahun ke 43 tahun. Dia punya motto ‘life is a holiday’. Keren juga. Mungkin kita perlu mengadopsinya, tapi untuk tujuan membuat hati senang dan bukan untuk berleha-leha.

1

Up&up – Coldplay

#odopfor99days #day89

Bismillahirrahmaanirrahiim

Hari ini saya dikasih share link sama teman, lagunya Coldplay berjudul Up & up ini. Katanya videonya baru release kemarin. Dan setelah lihat videonya, sureal sekali pemikirannya. Idenya bagus. Jadi kepikiran macem-macem dari video ini. Bikin image-image sureal, bikin bisnis, ide untuk wallpaper, dan sebagainya. Udah gitu aja sih. Oia, saya jadi iseng nyoba montage2 foto deh akhirnya.

Ini beberapa gambar yang saya suka, karena keren konsepnya. Ngerti gak? saya juga kadang engga, tapi bagus aja kalo ngebayangin. hehe

Ini lirik lagunya up&up nya coldplay. This song encourages belief and optimisim both life and love.

Up&Up

 fixing up a car to drive in it again

searching for the water hoping for the rain
up and up, up and up
down upon the canvas, working meal to meal
waiting for a chance to pick your orange field
up and up, up and up
see a pearl form, a diamond in the rough
see a bird soaring high above the flood
it’s in your blood, it’s in your blood
underneath the storm an umbrella is saying
sitting with the poison takes away the pain
up and up, up and up it’s saying

we’re going to get it get it together right now
going to get it get it together somehow
going to get it get it together and flower
oh oh oh oh oh oh
we’re going to get it get it together I know
going to get it get it together and flow
going to get it get it together and go
up and up and up

lying in the gutter, aiming for the moon
trying to empty out the ocean with a spoon
up and up, up and up
how come people suffer how come people part?
how come people struggle how come people break your heart?
break your heart
yes I want to grow yes I want to feel
yes I want to know show me how to heal it up
heal it up
see the forest there in every seed
angels in the marble waiting to be freed
just need love just need love
when the going is rough saying

we’re going to get it get it together right now
going to get it get it together somehow
going to get it get it together and flower
oh oh oh oh oh oh
we’re going to get it get it together I know
going to get it get it together and flow
going to get it get it together and go
up and up and up

and you can say what is, or fight for it
close your mind or take a risk
you can say it’s mine and clench your fist
or see each sunrise as a gift

we’re going to get it get it together right now
going to get it get it together somehow
going to get it get it together and flower
oh oh oh oh oh oh
we’re going to get it get it together I know
going to get it get it together and flow
going to get it get it together and go
up and up and up

we’re going to get it get it together right now
going to get it get it together somehow
going to get it get it together and flower
oh oh oh oh oh oh
we’re going to get it get it together I know
going to get it get it together and flow
going to get it get it together and go

up and up and up

oh-oh oh, oh-oh oh oh oh oh

fixing up a car to drive in it again
when you’re in pain
when you think you’ve had enough
don’t ever give up
don’t ever give up

 

Nah sekarang giliran saya coba-coba aja sih ini mah, montage foto dan berakhir seperti ini, taddaaaa….

fun with adobe photoshop 🙂