Tips Berkereta Bersama Keluarga

Bismillahirrahmaanirrahiim

Naik kereta api tut tut tuuut. Saya mau berbagi pengalaman naik kereta malam ini nih.

image

Live report kereta malam yang lagi saya naikin.

Sebagai catatan, buat yang mau naik kereta. Apa aja yang perlu disiapkan supaya nyaman? Ini nulisnya juga di kereta sembari tunduh (ngantuk). Catatan perjalanan saya naik kereta Bandung-Yogyakarta bersama suami dan anak, ini nih hasilnya.

1. Persiapkan jadwal dengan baik.
Maksudnya adalah beli tiket jauh hari. Jangan sampai kehabisan. Kan ga jadi jalan2 di tempat tujuan dong wkwkwkwk.

2. Bawa anak di bawah 3 tahun? Gratis sih, tapi..
Pertimbangkan untuk membeli satu tiket lagi!
Nah ini penting pisan. Memang sih kita seneng ya ga usah bayar buat anak. Tapi kita sengsara di kereta. Ngampar, mau tidur ga bisa karna sempit, anak pun ga nyaman selonjoran. Bahkan anak selonjoran aja ibu atau ayah di sebelahnya bakal susah buat duduk dan tidur nyaman. Ini saya baru berangkat ke kota tujuan. Pulangnya berpikir untuk membeli 1 tiket tambahan. Semoga dapet.

3. Pilih tempat duduk
Kereta malam
Saya dan suami saya memang tidak bisa berlama-lama di depan Air Conditioning alias AC. Pertama-tama beli tiket, iseng aja milih tempat duduk, pokoknya di tengah biar ga terlalu dekat wc. Trus karna sama2 lahir tanggal 7, dipilihlah nomor 7. Dan ternyata pas banget depan AC brosis. -___- Emang sih ini suhu yg dipasang 25°C. Tapi dalam satu gerbong ada 6 AC yang nyala semua. Jarak ac ke muka kita pun hanya 1-1.5meter Bbrrrrr.
Sekedar saran, bagi yang tidak suka di depan AC (kan ga enak juga muka kita depan AC sepanjang perjalanan), pilih kursi tengah. Idealnya kalau di kereta Lodaya adalah nomor 9 ABCD. Atau kalau gak dapet, bisa nomor 5 atau 11. Tapi sih sebenarnya si AC dipasang bolak balik. Jadi kebagian juga sih. Ya pokonya gitu deh. Ilustrasi kursi di bawah ini nih. yang di-stabilo kuning, itu posisi AC.

3192411_origaa.jpg

Ilustrasi posisi wc (teks kuning) dan AC (biru) di kereta Lodaya

Kereta siang
Kalau berangkat siang, maka, lihat dulu kemana kita pergi. Apakah ke Barat atau Timur? (Kalau di Jawa pilihannya Barat dan Timur). Misal, kita mau ke Jakarta dari Bandung, berarti kita berjalan ke arah Barat. Pilihlah tempat duduk di sebelah kiri atau kursi A dan B. Pulangnya ya kebalikannya. Supaya gak kepanasan sama matahari hehe.

3. Barang bawaan
Penyusunan barang bawaan penting juga ini. Pertama pisahkan dulu hal yang akan dibutuhkan di kereta dan tidak. Tapi jangan juga jadi dibutuh-butuhin biar semua kebawa, seirit mungkin tapi tetap bawa cadangan (kalo baju). Siapkan satu tas khusus untuk keperluan di kereta saja. Sisanya masuk ke koper atau tas besar. Supaya gak ribet dikit-dikit buka koper.

Bawa anak? Penuhi dulu kebutuhannya!
Supaya anak gak rewel dan nyaman di perjalanan ya ibu-ibu sekalian dan juga bapak-bapak. Coba direnungkan apa yang akan dilakukannya selama perjalanan. Kalo siang paling main, kalo malem tidur. Berdasarkan pengalaman, maka yang perlu disiapkan kalo bawa anak adalah
a. Baju ganti satu atau dua pasang. Ini tujuannya ganti kalau kebasahan karena ketumpahan atau keringatan. Berikut kalau yg masih pakai pospak.
b. Siapkan minum dan camilan serta makannya. Anak kenyang, ibu tenang. Kalau masih ada yg nyusu pake dot atau gelas atau botol kesayangannya, jangan lupa dibawa.
c. Kalau malam, maka butuh kaos kaki, jaket, kerudung (buat anak cewe), kain yang bisa buat selimut (bisa pashmina ibunya atau kain bedong, atau handuk, dan sejenisnya). Jangan lupa juga stelan bajunya panjang-panjang. Kalau siang, bisa dipikirkan lagi apa yg jadi kebutuhannya. Oia, sewa bantal jangan lupa. Suka butuh alias butuh pisan.
d. Mainan atau bacaan juga dibawa. Buat mengisi waktunya.

Barang untuk yang dewasa?
Biasanya kita butuh tisu, kresek sampah, koran (buat ngampar2), minum dan camilan, bacaan mungkin. Oia charger hp. Optimalkan juga untuk charge di kereta. Jadi begitu sampe, tinggal pake. Mm kira-kira itu sih yg perlu dibawa dalam satu tas untuk kebutuhan di kereta. Sisanya koper ajalah.

Sekian live report dari kereta Lodaya malam ini. Semoga bermanfaat buat yang mau bepergian jauh khususnya naik kereta api tut tut tuuut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s