Target Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahim

Sudah pasang target? Saya pribadi sebenarnya suka pasang target yang jauh dari kebiasaan. Ujung-ujungnya gak tercapai. Tapi saya coba untuk sebaik mungkin yang saya bisa baik habluminallaah dan habluminannaas. Usaha ini dalam rangka merangkak dan tertatih-tatih menuju gelar taqwa. Atau cuma di terasnya juga gak apa-apa. Karna gelar itu rasanya masih belum pantas untuk saya.

Habluminallaah
Untuk ibadah yang habluminallaah, saya targetkan seperti di bawah ini. Tentu saja di luar ketika dapat haid.
1. Sholat seawal mungkin. Berusaha tidak menunda. Pun sedang bekerja ataupun bersama anak.
2. Tilawah. Lebih banyak dari hari sebelum Ramadhan. Tapii.. saya juga sadar bahwa Al-Quran dan Sunnah ini harus dipahami bukan hanya dibaca. Jadi saya berniat untuk menambah dengan membaca tafsir ataupun terjemahan walaupun sedikit.
3. Mengusahakan sholat Dhuha di sela-sela kerja atau sebelum berangkat kerja.
4. Tarawih. Diusahakan untuk tidak bolong, walaupun dengan rakaat yang sedikit.

Habluminannaas
Untuk ibadah yang kaitannya dengan orang lain:
1. Membatasi acara buka bersama di luar rumah.
2. Sedekah setiap hari. Dimasukkan ke kotak khusus, bisa disalurkan di akhir minggu atau akhir bulan atau kalau bisa setiap hari, tergantung momen.
3. Membatasi penggunaan gadget. Wiih sulit tapi penting. Karena bisa dipakai untuk kebaikan yang lain.
4. Berangsur mengajarkan anak bangun lebih pagi.

Umum
1. Membaca habis buku Muhammad Teladanku.
2. Membaca minimal setengah buku tafsir.
3. Hadir di kajian. Seminggu minimal 2x.
4. Mulai menghafal Asmaul Husna.

Sekian target Ramadhan saya. Semoga Allah melancarkan dan memberkahi semua kegiatan yang kita lakukan. Aamiiin

Bagaiman dengan anda, apakah sudah pasang target Ramadhan?

Leave a Reply

