Menjadi Penulis?

#odopfor99days #day97
Bismillahirrahmaanirrahiim

WRITER.jpg

Setelah saya coba ikut odop ini, saya jadi berpikir apakah saya ingin menjadi penulis? Sempat pernah, mungkin masih ada sedikit. Tapi belum kuat niatnya. Kemudian saya jadi mencari bagaimana sih menjadi penulis yang hebat. Saya cari dengan browsing saja. Rupanya memang kalau niat sudah bulat, dan usaha yang kuat, pasti kamu bisa jadi penulis. Saya coba tulis ulang dari hasil beberapa artikel yang saya baca ya.

1. Apakah anda ingin menjadi penulis?
Pertanyaan ini harus anda jawab terlebih dulu. Apakah sudah mantap?

2. Anda ingin menjadi penulis di segmen apa?
Untuk memilih genre, bisa sesuai dengan apa yang kita mau saja, atau sesuai dengan pasar yang saat ini banyak dibutuhkan. Contoh adalah parenting. Lagi banyak nih kebutuhan tulisan parenting.

3. Mulailah menulis.
Menulis apa? Apa saja yang ingin anda tulis. Tapi, tulislah yang benar-benar dari hati. Walaupun genrenya adalah non fiksi, bisa saja ditulis dengan hati dan kesungguhan.

4. Bacalah buku yang berkaitan dengan genre yang kamu tulis.
Sebanyak mungkin. Dari mulai penulis yang terkenal, sampai tidak terkenal, yang penting sesuai genre dulu

5. Baca juga genre lainnya.
Tidak perlu sebanyak yang poin 4. Tapi supaya kamu tau beda penyampaian, gaya bahasa, dan sebagainya dari beda genre itu.

6. Catat ide.
Ini penting banget. Karena seringkali ide terbang begitu saja. Atau kita stuck karena tidak tahu lagi ingin menulis apa. Kalau ada catatannya, kan enak, tinggal mengembangkan tulisan.

7. Menulis kembali.
Poin 3 sampai 7 ini diulang terus menerus. Read more, write more. Bahkan ada juga yang melakukan poin 8 berulang kali, sebelum naskah/tulisan selesai.

8. Revisi.
Nah pada bagian revisi ini, baca ulang yang sudah ditulis, lalu revisi menurut kita. Menghindari kata berulang, mengganti kata berulang dengan yang sepadan, dan sebagainya. Lalu minta juga revisi dari orang lain yang bersedia. Sesuai dengan genre tadi. Ini seperti ‘bertanya pada yang ahli’, siapa tau ada sesuatu yang salah dari yang kita tulis, atau sumber yang kita dapat.

9. Temukanlah tips trik menulis sesuai genre yang kita tulis.
Misalnya: membuat judul yang mengena, membuat kesan awal dan akhir yang briliant. Gak semua tulisan juga harus seperti itu. Tergantung tadi, genre tulisan yang kita pilih.

Kira-kira begitu yang saya tangkap dari berbagai sumber. Emang teorinya kelihatan mudah ya. Kalau untuk saya pribadi, memang harus didahului dengan niat yang kuat dulu. Hehe.

Semoga bermanfaat bagi yang ingin menjadi penulis.🙂

One thought on “Menjadi Penulis?

  1. Pingback: Lebih pantas disebut ‘Curhat Kelulusan’ | brightsightrads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s