Musim gugur daun berubah warna

#odopfor99days #day91
Bismillahirrahmaanirrahiim

Pernah denger kalau jenis deciduous tree akan berubah warna pada saat musim gugur kan?

Kenapa?
Karena mereka kehilangan molekul klorofil hijau, sehingga mengijinkan pigmen kuning-orange bersinar. Deciduous tree menggugurkan daunnya setiap tahun untuk menghindari terbuangnya energi saat musim dingin. Gugurnya daun menjadi terlalu berlebihan. Jika pohon kehilangan semua nutrisinya, mereka bekerja keras menyerapnya dari tanah untuk membentuk kembali daun setelah musim dingin berakhir.

Jadi sebelum musim gugur, setiap pohon akan me-recycle daun, sebelum menggugurkannya. Yang berarti, mereka membongkar sel, serta bagian untuk fotosintesis dari dalam ke luar untuk menutup nitrogen dan fosfor dan menyimpannya di ranting serta batang sampai musim semi tiba.

Bahkan Allah memikirkan pohon sampai sedetail ini sistemnya. Berikut ini video lengkap penjelasan tentang pohon yang berganti warna saat musim gugur.

Janet Rock, kepala botani dari Taman Nasional Great Smoky Mountains menjelaskan bahwa klorofil, memberikan warna hijau bagi daun, namun ketika warna tersebut mulai memecah, maka pigmen warna lainnya akan bermunculan. Singkatnya, semua itu adalah proses hiperkompleksitas yaitu bagaimana semua kimia organik yang melibatkan hormon dan perubahan warna yang beragam bergantung pada kondisi cahaya dan suhu.

Sumber: klik di sini

4636

Lovely London in Autumn. sumber: lbc.co.uk

One thought on “Musim gugur daun berubah warna

  1. Pingback: Lebih pantas disebut ‘Curhat Kelulusan’ | brightsightrads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s