Pasang-surut Yanweizhou Park

#odopfor99days #day82

Bismillahirrahmaaninrrahiim

Satu lagi karya nyata dari konsultan lansekap di China favorit saya, Turenscape. Proyeknya baru selesai dua tahun lalu. Menurut saya ini asli kerennya. Beli ‘pintu kemana saja’ kayak punya Doraemon dimana yak?

Yanweizhou Park

Deskripsi Proyek:
Lokasi: Jinhua, Zhejiang, China (Selatannya Hangzhou dan Shanghai deh biar agak kebayang dikit hehe)
Luas: 26 hektar
Desain: Agustus 2010 sampai Oktober 2013
Proyek selesai: Mei 2014
Desainer: Turenscape yang tentu saja dipimpin oleh Mr. Kongjian Yu
Klien: Pemerintah Kota Jinhua

Sekilas tentang lokasi
Berawal dari ‘kangen’ liat karyanya Turenscape ini. Lalu saya buka langsung webnya dan menemukan proyek ‘sesuatu’ ini. Langsung juga saya search location dimanakah tepatnya
Yanweizhou Park berada. Ternyata, lokasinya berada di jantung kota Jinhua. Kota ini terbelah menjadi tiga area oleh 1 sungai yang bercabang menjadi dua. Keren ya pemerintahnya, punya inisiatif untuk memperbaiki kotanya supaya menjadi lebih nyaman.

Permasalahan
Lahan yang berada di pertemuan dua sungai yaitu Sungai Wuyi dan Yiwu ini, disebut juga ‘the sparrow tail’ karena bentuk lahannya yang mirip dengan ekor burung gereja.
Pertemuan dua sungai yang merupakan lahan basah ini terfragmentasi karena adanya pembangunan gedung opera di sebelah timur yang sisanya tidak dimanfaatkan, serta hancur oleh adanya tambang pasir.

Namun lahan basah ini merupakan lahan yang kaya ekosistem. Dia menjadi area riparian atau pertemuan antara perairan dan daratan. Hal ini merupakan tantangan bagi desainer untuk dapat mempertahankan habitat riparian serta memberikan fasilitas untuk warga kota yang padat penduduknya.

Iklim muson yang menghampiri China, menyebabkan terjadinya banjir tahunan. Banjir tersebut yang menyebabkan adanya terjadinya pasang dan surut di area lahan basah yang kaya ekosistem ini. Sehingga perlu dipikirkan bagaimana memberikan fasilitas untuk warga, namun tetap aman dan tetap menarik.

Solusi yang ditawarkan
Sebagaimana biasanya, Turenscape selalu melakukan pendekatan ekologis. Maka sudah pasti segala sesuatu yang berkaitan dengan makhluk hidup akan dijaga dan dipertahankan. Berikut ini strategi desain yang dilakukan oleh Turenscape.
1. Menghentikan aktifitas tambang pasir di area riparian melalui desain yang diintervensi seminimal mungkin. Tujuannya adalah menjaga ekosistem baik hewan dan tanaman eksisting. Kemudian dilakukan penambahan spesies yang memang hidup di karakter lahan basah untuk meningkatkan keanekaragaman hayati.

2. Kota Jinhua yang mengalami banjir tahunan karena adanya iklim muson, membutuhkan solusi yang tepat dalam penanganannya. Biasanya banjir tahunan ini akan mendapatkan solusi yaitu membuat dinding penahan air yang kuat dan tinggi agar banjir tidak masuk ke kota. Namun, desainer berpikir ulang bahwa dinding tersebut akan memutuskan ekosistem ketika surut. Maka muncullah ide dengan membuat tanggul bertingkat. Tanggul ini bertujuan untuk mengetahui ketinggian air saat pasang. Pada saat pasang itu, area tanggul yang terendam, akan ditutup sementara untuk publik, dan akan dibuka kembali saat pada masa air surut.

Bedanya dengan dinding tinggi tadi?
Tanggul bertingkat ini diberi tanaman semak yang tahan banjir. Saat surut, lumpur subur akan mengendap pada tanggul di bawahnya, dan hal itu akan menambah pengayaan
ekosistem. Serta dapat menjadi pelajaran bagi pengunjung tentang pasang-surut air.

3. Jembatan sebagai penghubung
Pedestrian bridge atau jembatan pelangi (begini saya sebut, karena warnanya bergradasi cantik) menghubungkan taman di sepanjang sungai yang berada di selatan dan utara sungai, serta menghubungkan kota dengan Yanweizhou Park ini. Rupanya desain jembatan meliuk-liuk terinspirasi oleh tradisi lokal menari naga selama Festival Musim Semi. Jembatan ini panjangnya 700 meter berstruktur baja dengan railing dari fiberglass dan paving bambu. Jembatan yang memiliki nama resmi Bayong Bridge ini, memiliki lebar sekitar 4-5 meter.

Hasil Desain
Bagaimana hasil desainnya? yuk ah kita lihat bareng.

01-master-site-plan

Siteplan Yanweizhou Park, pada legenda terlihat ada elemen-elemen yang menarik seperti pedestrian bridge, board walk, water front terrace, bio-swale, long bench (khas Turenscape banget nih), dan lainnya.

 

This slideshow requires JavaScript.

07-123O7311_Adjust

Pedestrian Bridge. Salah satu sudut jembatan untuk pedestrian yang menghubungkan tiga daratan (kota di Utara sungai, di Selatan sungai, dan Yanweizhou Park). Jembatan ini tidak terendam ketika pasang terjadi.

11-yanweizhou-terrace

Board walk. Terlihat pada foto di atas, ketika surut maka board walk akan dapat dilintasi. Sedangkan ketika terjadi pasang, maka board walk tidak akan terlihat.

12-yanweizhou-terrace

Water front terrace atau tanggul bertingkat. Sejuk sekali melihat pemandangan ini. Perpaduan hardscape, softscape dan unsur air, serta liukan lahan.

15-yanweizhou-seating

Long bench (mungkin). Turenscape biasanya mendesain long bench dengan warna yang mencolok. Pada Yanweizhou Park kali ini menggunakan warna kuning-orange.

14-yanweizhou-paving

Permainan material pasir, batu, kerikil, tiles, rumput, edging steel, serta pohon. Menarik!

 

Penjelasan desain Yanweizhou Park

Aerial view Yanweizhou Park menggunakan drone pada video part 1.

Ah Subhanallaah, Walhamdulillah. Ini baru buatan manusia. Bagaimana dengan buatan Allah? Lebih keren dan lebih hebat lagi. Maha Besar Allah. Mau banget ke sini. China emang perkembangan lansekapnya luar biasa.

Proyek ini terbukti sukses setelah taman dibuka pada Mei 2014, yang mencapai rata-rata 40.000 pengunjung. Semua pengunjung menggunakan taman dan jembatan setiap hari. Media lokal pun ramai menyuarakan Yanweizhou Park. Sekarang, Yanweizhou Park telah menciptakan identitas baru bagi kota Jinhua.

Semoga para arsitek lansekap Indonesia juga bisa berkarya yang menfaat seperti ini.

SUMBER GAMBAR: klik di sini
SUMBER TEKS: klik di sini

 

One thought on “Pasang-surut Yanweizhou Park

  1. Pingback: Lebih pantas disebut ‘Curhat Kelulusan’ | brightsightrads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s