Impian Labuhan Sepatu

#WorthyStory #odopfor99days #day49

Bismillahirrahmaanirrahiim

Sebagai seorang lulusan arsitektur dan lansekap, sudah jelas punya kesukaan memanjakan mata dengan kegiatan jalan-jalan. Jalan-jalan ini punya manfaat memperkaya kosa kata dalam desain. Melihat objek, pengguna, respon pengguna, kebermanfaatan, estetika, dan sebagainya. Semua hal dilihat dan dicerna, walaupun kadang sudah terlanjur terpesona sebelum bisa memikirkan hal tersebut.

Sekarang banyak orang yang suka travelling sampai rela untuk backpacker demi mengunjungi suatu tempat. Apakah sekedar untuk menyenangkan hati, berlibur bersama keluarga, berfoto, supaya bisa pasang status di medsos, dan sebagainya. Seperti princess Syahrini yang kekinian sekali, jalan kemanapun dia beritakan kepada khalayak melalui akun medsos-nya. Saya juga ingin seperti dia, berfoto di tempat yang saya kunjungi. Tapi tentunya dengan memperlihatkan foto dari sisi arsitektur dan lansekap. Dua negara yang pernah saya singgahi yaitu China dan Jepang, masih belum selesai dijelajahi. Karena objek arsitektur dan lanskap dari tahun ke tahun semakin berkembang, terutama di China. Ingin rasanya mengulang ke dua negara ini, jika ada kesempatan.

Arab Saudi

Negara pertama yang ingin saya kunjungi adalah Arab Saudi, yang memang alasan utamanya adalah beribadah. Tapi tentu sambil menyelam minum air, saya ingin mengunjungi tempat bersejarah Rasulullah saw dan para sahabatnya. Jadi masih berhubungan dengan arsitektur dan lansekap kan? Saya ingin sekali melihat bagaimana layout Masjidil Haram, keindahan masjid Nabawi dengan atapnya yang bisa terbuka, dan tempat bersejarah lainnya. Niat saya adalah ingin mengunjungi rumah Allah dulu sebelum melabuhkan sepatu saya di negara lain.

kabah-al-mukaromah1

Kabah-Al-Mukaromah, sumber gambar: link ini

Singapura

Pasti banyak sekali orang Indonesia yang sudah berkali-kali ke negara satu ini. Dekat dan murah. Motivasi saya ke sini adalah melihat perkembangan arsitektur dan lanskapnya. Yang pertama akan saya jelajahi adalah Changi Airport! Katanya sih, kita tidak akan bosan menunggu di bandara ini, karena banyak sekali yang bisa kita lakukan di sini. Lalu Garden by the bay dan playground-nya, serta Singapore Botanical Garden. 

Garden by the bay, sumber gambar: link ini

Inggris

Kenapa Inggris? Ini karena suami saya penggemar salah satu klub sepakbola Inggris, lalu dia berminat untuk melanjutkan sekolah di negara ini. Saya tentu akan ikut bersama putri tercinta. Menjelajah negara Inggris yang saya yakin banyak sekali proyek menarik dan wah, akan saya telateni. Karya-karya arsitek terkenal di Inggris seperti The Gherkin dan City Hall London (Norman Foster),  The New Serpentine Sackler Gallery (Zaha Hadiid), akan terasa ruangnya dengan hadir secara langsung.

Big Ben and Double Dekker bus, sumber gambar: link ini

Prancis

Sepertinya kurang afdol kalau ke Eropa tapi tidak berkunjung ke Prancis. Ya, Menara Eiffel tujuannya. Biar kaya film Eiffel I’m in Love, pergi ke sana bersama suami (dan anak hehe). Parc floral de Paris, Bois de Boulogne, juga jadi list kunjungan saya nantinya. Sebenarnya kalau kondisi alam, Indonesia sudah TOP deh. Tapi di Eropa ini ada sejarah-sejarah pertamanan yang gak kalah menarik. Misalnya bagaimana penyajian English Garden yang tersebar di Benua Eropa.

Eiffel Tower, sumber gambar: link ini

 

New York

Negara satu ini terpilih karena saya ingin melihat sendiri proyek High Line milik kota New York. High Line adalah sebuah jalur LRT pada jaman dulu yang tidak lagi digunakan. Pemerintah kota dan beberapa pihak berinisiatif menjadikan taman yang menerus melewati sebagian kota New York. Kereen! Ditambah dengan kunjungan ke Central Park yang sangat fenomenal. Central park ini merupakan contoh taman kota yang berhasil, baik dari luasan, keberagaman serta kebermanfaatan bagi kota New York.

Central Park, New York, sumber gambar: link ini

Negara-negara yang saya sebut di atas merupakan harapan sekaligus doa saya agar dapat menjadi rencana yang nyata dalam 10 tahun ke depan. Semoga Allah memberi kesempatan kepada saya bersama keluarga untuk melabuhkan sepatu di bumi Allah yang lain ini. Aamiiin

tulisan ini diikutkan dalam Kompetisi Menulis Worthystory dari idntimes.com

meski ga lolos, udah jadi satu postingan odop. Horray!

Leave a Reply

