Apa itu Bintang?

#odopfor99days #day76

Bismillahirrahmaanirrahiim

Pagi ini, saya membacakan buku Asmaul Husna jilid 1 ke anak saya. Lalu sampailah kita pada halaman tentang Al-Khaliq dan membahas bintang. Di situ dijelaskan bahwa ‘Bintang itu panaaas sekali! Lebih panas dari api lho!’. Dari pernyataan itu, saya sejujurnya baru tau kalau ternyata bintang itu panas. Saya pun jadi bertanya-tanya. Apa sih bintang? Mungkin ini sebenarnya pertanyaan anak-anak yang terdengar biasa-biasa aja ya. Lalu kita sebagai orang dewasa akan memberitahu bahwa bintang adalah benda langit, yang hanya ada di malam hari.

img_20160424_130149.jpg

Salah satu halaman Asmaul Husna Rumpen yang membahas tentang Bintang. photo by me.

Nah, coba bagi para pembaca, yang ingin tau sekilas tentang bintang, berikut ini ada videonya. Videonya bisa juga ditonton bareng anak-anaknya, karena memang khusus ‘science for kids’. 

Courtesy: http://www.youtube.com

Dari video itu, saya jadi tertarik untuk mempelajarinya juga. Rupanya rasi bintang itu, ada ilmiahnya. Dari rasi bintang Orion pun, ternyata ada bintang yang besar sekali melebihi matahari. Tapi karena letaknya jauh dari langit kita berada, jadi tidak terasa panas, dan malah terlihat indah. Subhanallah. Maasya Allah.

Apa ya hikmah Allah menciptakan Bintang? Ah, rupanya setelah googling, banyak yang sudah membahasnya. Saya kopikan kesini sebagai gambaran tentang bintang ini.

“Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis, kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Rabb Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?” Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itu pun dalam keadaan payah. Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar setan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.”

(QS. Al Mulk: 3-5)

Ini ayat Al-Quran, yang menjelaskan bahwa Allah sudah menciptakan segala sesuatu dengan sempurna. Langit berlapis tujuh. Nah, langit yang terdekat dengan kita, terdapat bintang-bintang itu tadi, yang ukuran dan warnanya berbeda-beda. Kita lihatnya putih aja ya padahal kalau dari bumi.

Dikutip dari rumayso.com link ini, kita bisa tau apa sih fungsi dari bintang:

  1. Untuk melempar setan-setan yang akan mencuri berita langit. Hal ini sebagaimana terdapat dalam surat Al Mulk ayat 5 tadi.
  2. Sebagai penunjuk arah seperti rasi bintang yang menjadi penunjuk bagi nelayan di laut.
  3. Sebagai penerang dan penghias langit dunia.

Alhamdulillah ya, kalau segala sesuatu bisa kita tau dari kenyataan yang kita lihat, lalu dapat dihubungkan dengan science, dan juga dalam ayat Al-quran. Memang ilmu Allah sangat luas.

 

 

One thought on “Apa itu Bintang?

  1. Pingback: Lebih pantas disebut ‘Curhat Kelulusan’ | brightsightrads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s