Selamat Hari Kartini, Wanita Indonesia!

#odopfor99days #day73
Bismillahirrahmanirrahim

21 April adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada tanggal ini tepatnya 137 tahun yang lalu, tokoh perjuangan wanita Indonesia lahir. Beliau menginspirasi setiap wanita pada zaman dulu dan kini.

Selamat Hari Kartini, wanita Indonesia! Mari Berkarya atau minimal bermimpi.🙂

Lalu bagaimana dengan kita ibu-ibu? Apakah sudah menginspirasi? Yakinlah setiap ibu punya inspirasi bagi lingkungannya. Apakah untuk keluarganya, suami, anak, teman, maupun tetangganya.

Pagi tadi saya lihat sedikit cuplikan infotainment. Hehe gak mau dibilang nonton infotaintment. Nah tadi sedang membahas artis kartini indonesia. Yaitu Nia Zulkarnaen dan Yuni Shara. Diceritakan bahwa mereka selain menjadi wanita sebagaimana kodratnya, juga melakukan hal sosial.

Postingan ini untuk mengingatkan saya pribadi bahwa masih banyak orang di luar sana yang membutuhkan kita. Tapi kita ternyata hanya sibuk di kepala kita saja.

Khadijah
Dimulai dengan bunda Khadijah yang sangat saya kagumi. Padahal saya baru baca dari buku mute aja. Beliau adalah seorang janda. Tapi kekayaannya fantastis diperoleh dari usaha berdagangnya. Dia tidak bekerja langsung. Ya mungkin awalnya terjun langsung ya hehe. Dia memiliki orang kepercayaan untuk dikirim berdagang kemanapun. Tapi ketika menikah dengan Rasulullah saw, hasilnya semua ia percayakan untuk suaminya. Untuk dakwah kemajuan islam. Bahkan ketika sebagian besar muslim sedang bersembunyi di balik gua, sampai tidak ada bahan makanan, beliau menggunakan harta yang ada untuk dibelikan makanan dan dibagikan bagi anak-anak dan orang tua. Padahal beliau pun entah dapat atau tidak makanannya. Beliau selalu sabar, selalu menemani Rasul dengan kebesaran hatinya.

Nia Zulkarnaen
Jadi pagi tadi di berita tipi, disebutkan kalo tante Nia ini sangat perhatian dengan pendidikan terutama bagi anak-anak yang tinggal di Indonesia bagian Timur. Karena betapa banyak kisah pilu tentang anak tidak tidak sekolah. Berbeda dengan Indonesia bagian Barat, pendidikan tinggi dapat digapai dengan mudah. Banyak motivasi dan bantuan dari mana-mana. Bahkan tidak sedikit juga yang mengabaikan sekolahnya.

Tante Nia dan suaminya Ale, sering sekali menjelajah Indonesia Timur dan bahkan mereka bikin filmnya. Didedikasikan untuk anak-anak Indonesia. Sudah banyak yang tau kan ya cerita ini.

image

Salah satu film Alenia pictures yang naik daun

Mereka berdua punya rumah produksi alenia pictures. Ini webnya www.alenia-pictures.com. Produksi film anak yang sudah kelar diantaranya Seputih Cinta Melati, Di Timur Matahari, Denias, Senandung di Atas Awan, dan sebagainya. Semuanya concern ke film anak-anak.

Yuni Shara
Kalau tante Yuni beda lagi, dan saya juga baru tau, dan mungkin dia juga baru menekuni hehe. Tante Yuni bikin PAUD murah untuk anak-anak tidak mampu. Wah sungguh mulia sekali ya. Walaupun baru, dia sangat menyukai adanya kegiatan ini.

Cahaya Permata Abadi nama sekolah PAUD yang didirikannya itu terletak di jalan Samadi, Batu, Malang. Kota tempat kelahiran Yuni Shara. Rupanya sekolah ini sudah didirikan sejak 2013 lalu. Per sekali datang orangtua hanya membayar 2500 rupiah saja. Katanya sekolah ini juga sebagai tabungan akhiratnya. Nah ini nih. Kegiatan sosial yang juga membawa kebaikan di akhirat. Double bonus.

image

Dari instagram @yunishara36

Mimpi
Katanya kan kalau punya mimpi, baiknya ditulis ya. Sekalian deh saya tulis nih mimpi saya disini. Saya pengen sekali punya sekolah gratis, dengan guru-guru yang handal. Sekolahnya punya kebun dan menghasilkan uang, dimana uangnya buat perputaran sekolah juga. Anak-anak lulus dari sekolah punya bekal kemandirian. Jadi orang hebat dan manfaat buat agama dan negara.

Ibu saya guru ngaji di lingkungan rumahnya. Gratis juga. Tapi ibu saya mendidiknya juga dengan tegas. Ada anak yang bertahan, ada juga yang lebih milih main atau nongkrong. Padahal baru usia sd dan smp udah suka nongkrong😦. Nah, mungkin nanti saya juga ingin jadi guru ngaji. Supaya jadi amal jariyah. Ada aja orang-orang yang ga bisa ngaji karena malu atau males atau memang ga ada fasilitas di dekatnya.

Aamiiin ya rabbal ‘alamiin

One thought on “Selamat Hari Kartini, Wanita Indonesia!

  1. Pingback: Lebih pantas disebut ‘Curhat Kelulusan’ | brightsightrads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s