Have to read book

#odopfor99days #day69
Bismillahirrahmaanirrahiiim

gambarkatakatamutiarabijakcintamotivasikehidupanquotelucukutipanindahbuyahamkaabdulmalikkarimamrullah05062015210811idquote-info

sumber gambar: idQuote.info

Ini sebenarnya saya malu buat nulis ini. Kenapa coba? Malu karena begitu banyak buku di rumah nganggur. Tapi tetep aja kalau liat buku di toko tuh pengennya beli. Bacanya? gatau kapan. Malu juga di rumah ada 2 set langkap tafsir Alquran, belum pernah ada yang tamat satu pun. Bahkan terjemah Alquran, saya belum pernah tamat membacanya. Astaghfirullah. Gimana ini?

Ok, let me jentrekeun (jabarkan) dulu permasalahan atau perbedaannya dan juga sebagai alasan. Bahwa ilmu akhirat itu sangat penting. Jaman dulu para ulama mau berguru sampai rela menempuh jarak yang jauh, padahal hanya ketemu gurunya 1 jam. Lalu mereka lebih banyak menghabiskan waktunya membaca buku, mengkaji alquran, hadits, tafsir, dan segala yang berkaitan. Betapa mulianya para ulama. Tapi ya saya juga ingin dunia lebih berwarna. Ingin tau hal-hal yang menarik buat saya, yang bisa jadi pelajaran.

Sekarang saya, posisi sebagai anak, istri, ibu, pegawai swasta, dan anggota masyarakat. Dengan kerjaan seabreg di rumah maupun di kantor, seringkali saya merasa kehabisan waktu untuk melakukan ‘me time‘. Apa ya me time saya? intinya sih yang bisa saya kerjakan dengan asyik dan tidak diganggu gugat. Tapi waktu untuk melakukan hal ini, hanya sedikit, kadang terlewat. Hubungannya dengan have to read book? Jadi ini saya seperti menulis mimpi serta mencari masalah sendiri. Kapan mau baca?

Yang harus rutin dibaca
– Alquran
Yaa Allah dekatkan saya dengan Alquran, bimbinglah hati saya untuk selalu membacanya, mempelajarinya, menghafalnya. Aamiiin
Untuk saat ini, Alquran dulu, harusnya sih ya hadits, ya tafsir, trus bacaan sehari-hari seperi alma’tsurat, al kahfi di malam jumat dan/atau hari jumat. Banyaaak sebenarnya amalan yang kita suka sok sibuk, terlalu beralasan untuk tidak melakukannya.

7bb67c7502f9f09eccacc51d4a90a1da

sumber gambar: pinterest.com (mungkin asalnya dari muslim.or.id ya)

Yang harus segera diselesaikan
– Muhammad Teladanku
Dulu pernah punya buku sirah Rasulullah saw, tapi bukunya lebih kepada kisah yang berdalil. Saya baca belum sampai setengahnya, bahkan seperempatnya, lalu sudah saja. Lalu saya berniat kembali membaca sirah melalui novel. Jadi sirah Rasulullah dibuat dengan bahasa novel. Duh, saya jadi kurang menghayati. Atau mungkin karena baru awal? Sekarang saya beli Mute untuk anak. Saya baca dulu sebelum anak saya kan. Daaan terengtengtereeeng, saya sangat ingin terus membacanya. Entah mungkin karena bahasanya ringan, lalu bergambar, jadi lebih menarik, lebih seru. Terlihat ilustrasinya, emosinya, mantap deh. Sekarang ini saya sampai di jilid 9, dan sedang terus berusaha untuk menyelesaikan membacanya. Kalau waktu lowong, saya yakin ini akan sebentar saja. Tapi punya anak balita, tentunya harus diutamakan.🙂

– Sabtu bersama Bapak
Berawal dari keinginan memberikan kado untuk suami tercinta. Saya kok bingung mau kasih kado apa. Karena dia suka baca, saya cari judul dan genre buku yang kira-kira dia akan suka dan berbau parenting. Lalu saya nemu buku Adhitya Mulya ini. Saya udah curi-curi sedikit sih, nampak seru. Bahkan saya juga dapat berita sudah difilmkan. Tinggal tunggu tayang di bioskop. Rencana mau nonton sama suami. Nah jadi saya sedang berusaha menyelesaikannya karena keburu tayang di bioskop. Ya walaupun film indonesia mah, pasti cepet deh sampe ke tv. Tapi kayanya seru aja nonton di bioskop. Lebih khusyuk.

Ini nih teaser filmnya, cover bukunya keliatan juga di video. sumber dari yutub.

Siap-siap tisu, saputangan, minum, bisi sesenggukan pas nonton.

Yang ingin dibaca

Ok, sekarang beralih ke pembahasan utama yaitu buku yang ingin dibaca. Ini gegara di grup lagi bahas buku-buku. Jadi saya ikutan mupeng ingin juga. Ya Allah ampuni dosaku.

– Buku Karya Adjie Silarus
Sadar Penuh Hadir Utuh dan Sejenak Hening, katanya tentang mindfullness, tentang bagaimana kita fokus dalam melakukan suatu hal, segala hal. Misal, makan ya makan, nonton ya nonton, kerja ya kerja, masak ya masak. No multitasking. Soal emak-emak kerjanya multitasking, itu beda urusan sepertinya.

Hidup tak hanya terus bergerak dalam riuh, tapi juga butuh diam dalam hening.  

– Adjie Silarus, dalam Sadar Penuh Hadir Utuh-

Sumber gambar dari adjiesilarus.com

Bersejenak dalam hening mengantarkan kita kepada ketaktergesa-gesaan untuk menyikapi hari demi hari dengan ambisi yang menggalaukan, dan kenangan masa lalu yang mencekam langkah untuk menggamit banyak kebaikan di masa depan. Hingga diri terlupa bahwa hari ini tercipta untuk dimaksimalisasi indahnya. 

– Adjie Silarus, dalam Sejenak Hening –

– Buku Karya Monica Anggen
Judul 9 langkah cepat selesaikan outline, ini nampaknya perlu buat saya. Karena saya punya wacana untuk membuat buku tentang pohon bersama ibu direktur ketjeh. Nggak usah kebanyakan teori deh, ini semoga bisa jadi motivasi biar gak omdo. Satu lagi 99 perbedaan cara mengelola waktu miliarder vs orang biasa, ini tentang waktu ya sebenarnya. Bukan masalah miliardernya, tapi tentang memanfaatkan waktunya. Soal waktu ini, kita sebagai manusia mah harus terus diingatkan, supaya gak kebablasan.

Buku karya monica anggen recommended

Image courtesy: teh Shanty DA, ngambil foto dari grup

Mungkin sementara itu dulu sih have to read book-nya. Itu aja udah banyak banget dibandingkan waktu yang sejumput. Semoga dimudahkan.

One thought on “Have to read book

  1. Pingback: Lebih pantas disebut ‘Curhat Kelulusan’ | brightsightrads

Leave a Reply

