Bunga Cinta Agaphantus

#odopfor99days #day68

Bismillahirrahmaanirrahiim

Bunga bukan hanya sekedar penghias, namun juga bisa melambangkan perasaan. Salah satunya bunga Agapanthus. Agapanthus sendiri berasal dari bahasa Yunani “Agape” yang memiliki arti cinta dan “Anthos” yang berarti “bunga”. Jadi, Agapanthus bisa diartikan sebagai bunga cinta.

Sumber: disini

Sebenarnya belum pernah lihat langsung si bunga ini. Tapi kalau dari fotonya, sangat menarik dan cantik. Apalagi ternyata diartikan sebagai bunga cinta dari bahasa Yunani. Tanaman ini aslinya adalah tanaman Afrika, dan dikenal sebagai bunga Lili Afrika. Warnanya bermacam-macam tapi di Indonesia dominan biru dan sering dikenal juga dengan Bakung Biru (1). Tanaman bersuku Amaryllidaceae ini, merupakan jenis semak rendah, dengan lokasi tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Sumber gambar: kiri atas, kanan atas, kiri bawah, kanan bawah

Biasanya berbunga pada musim panas. Karena sekarang musim panas bergeser-geser, jadi ya dilihat saja kapan musim panasnya hehe. Tapi cukup tahan banting di segala cuaca. Tinggi saat dia sudah berkembang bisa mencapai 1 meter lebih. Kecepatan tumbuhnya sedang, kalau ditanam dari yang tingginya sekitar 20-40 cm. Tapi kalau dari biji, bisa 2-4 tahun untuk berbunga pertama kali. Memang jenis tanaman apapun kalau ditanam dari biji, harus lebih ektra perhatian untuk dapat maksimal ya.

Cara menanam (2)

Menanam di tanah

  1. Cari tempat yang tersinari matahari, dengan kelembapan sedang
  2. Gali lubang tanam dengan kedalaman 5 cm dan lebarnya 10×10 cm
  3. Masukkan satu bagian rimpang
  4. Tutup dengan tanah sampai akar tidak terlihat

Menanam di Pot

  1. Sediakan pot dengan ukuran 30 cm
  2. Isi dengan media tanam sampai tersisa 5 cm sebelum leher pot
  3. Masukkan satu bagian rimpang
  4. Tutup dengan media tanam sampai leher pot

Cara Perawatan

Sebenarnya tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus untuk tanaman berfamily Liliaceae. Hanya saja dalam merawatnya perlu melakukan penyiraman secara berkala, serta pupuk kira-kira sebulan sekali.

Jenis lainnya, ada juga Agaphantus berbunga putih dan kuning.

Sumber gambar: kiri, kanan

Coba kita lihat kalau ditanam, penampakkan dari jauh seperti apa ya? Saya kasi liat cuplikannya di bawah nih. Bisa aja langsung search agaphantus sih hehe. Kalau dilihat dari foto di bawah ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kalau mau nanam si bakung ini, jangan disandingkan dengan tanaman yang juga dominan. Lalu, usahakan juga, tanaman di sekitarnya lebih rendah dan mungkin flat hijau saja, maksudnya yang berupa dedaunan saja. Jadi Agaphantus akan memancarkan ‘cinta’nya ke area itu. Dalam bahasa desain adalah sebagai fokusnya, sebagai pusat perhatiannya.

cont-com-3agapanthus-alley-11

Sumber gambar: atas, bawah

Kalau dari wikipedia, namanya macem-macem ya. Agapanthus africanus (L.) Hoffmanns,
Agapanthus campanulatus F.M.Leight., Agapanthus caulescens Spreng, Agapanthus coddii F.M.Leight, Agapanthus inapertus Beauverd, Agapanthus praecox Willd, Agapanthus walshii L.Bolus (5). Tapi yang sering dipakai di Indonesia nama latinnya Agapanthus africanus dan Agapanthus orientalis.

Nah, ini sebagai salah satu tanaman referensi yang saya suka, dan mulai saya pake di proyek-proyek selanjutnya hohoho.

Sumber tulisan: (1), (2), (3), (4)

3 thoughts on “Bunga Cinta Agaphantus

  1. Wah di-comment sama kakak blogger kereen nih. Makasih kak udah berkunjung dan comment. semoga segera dapet bunga cinta putihnya🙂

  2. Pingback: Lebih pantas disebut ‘Curhat Kelulusan’ | brightsightrads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s