Cara Mereview Suatu Tempat

#odopfor99days #day62

Gimana sih cara mereview suatu tempat?

Ini sebenernya dapet dari link lomba nulisnya elex. Bisa dijadiin list to do write nih buat para blogger atau siapapun yang ingin menceritakan suatu tempat. Lebih cocok untuk mereview tempat yang sudah pernah kita kunjungi secara langsung. Kenapa? akan lebih terasa penulisannya dan pakai hati. #tsaaahh

Saya copy-paste poin-poin berisi informasi yang harus ada dalam mereview suatu tempat. Tapi saya lengkapi dengan penjabaran dari kacamata saya ya.

  1. Sejarah

Kenapa sejarah? dengan sejarah, orang yang membaca bisa lebih tau tentang asal usul tempat yang kita tulis. Misalnya kita pernah ke Great Wall. Berikut cuplikan sejarah yang saya kutip dari om wikipedia.

Sejarahnya, pembangunan tembok adalah salah satu bagian terpenting dalam sejarah arsitektur Tiongkok, yakni untuk membatasi wilayah-wilayah perkotaan dan perumahan. Berbagai teori mengapa tembok besar didirikan antara lain sebagai benteng pertahanan, batas kepemilikan lahan, penanda perbatasan dan jalur komunikasi untuk menyampaikan pesan.[3]

Berdasarkan bukti tertulis yang bisa diterima umum, pada dasarnya Tembok Besar Tiongkok dikonstruksikan mayoritas pada periode Dinasti Qin, Dinasti Han dan Dinasti Ming.[14] Namun, sebagian besar rupa tembok raksasa yang berdiri pada saat ini merupakan hasil dari periode Ming.[14]

Nah dengan begitu, kita tau bahwa Great Wall merupakan benteng pertahanan kan. Kita bisa riset aja untuk mengetahui sejarah suatu tempat ini. Kecuali tempat yang banyak belum orang ketahui, bisa kita bertanya pada orang setempat atau ahli sejarah. Jangan lupa kalau mengutip tulis dan blog link sumbernya, supaya tidak dianggap ngarang dan plagiat.

2. Letak Geografis.

Untuk letak geografis, ini berguna juga untuk melihat posisinya di peta. Kita bisa copy-paste link dari google maps misalnya, eh tapi jangan lupa di bookmark dulu pas kita sedang mengunjungi tempatnya. Sertakan juga dengan denah situasinya atau gambar bird eye view keseluruhan tempat misalnya. Ini akan lebih menarik lagi.

7c60325b62e64e1db4d1d927

sumber: www.chinahighlights.com

      3. Waktu yang tepat untuk berkunjung

Jelaskan alasan kita memberitahu waktu yang tepat untuk berkunjung tersebut. Baik itu secara ilmiah, atau cuaca, atau sekedar kenikmatan visual. Misalnya ‘yuk kita ke Great Wall saat musim gugur (fall), kita bisa berfoto di sana dengan latar belakang pepohonan yang berwarna-warni’.

4. Persiapan Keberangkatan

Ceritakan pengalamanmu saat mengunjungi tempat itu, baik saat persiapan, perjalanan maupun saat pulang. Apa yang ditulis? Misalnya kita punya pengalaman bahwa sebaiknya sarapan dulu karena rutenya panjang dan jauh, di jalan perlu bekal sesuatu karena di sana tidak ada atau tidak tersedia, jadi kita perlu mempersiapkan barang-barang tersebut, begitu juga saat menceritakan perjalanan pulangnya, siapa tau ada yang tertinggal dan terlupakan, sehingga perlu kita beritahukan kepada pembaca bahwa perlu persiapan yang matang.

5. Transportasi

Jadi inget waktu saya ke China bersama teman seangkatan kuliah, saya mempersiapkan segala cara atau transportasi yang memungkinkan di sana. Tapi tetap saja saya lupa dan tidak terpikir. Saat itu, kami bertujuh mau ke Great Wall, lalu kami bingung naik angkutan umumnya. Sampai pada saat itu, ada yang menawarkan mobil rental plus sopir untuk pergi ke sana. Terjadilah tawar menawar dan akhirnya deal. Itu saya berangkat dari Beijing. Entah kalau berangkat dari titik lain. Maka tulislah semua alternatif pencapaian ke tempat tujuan tersebut, meskipun kita tidak menaikinya, pasang juga tarifnya supaya pembaca bisa mengira-ngira sendiri.

6. Tempat menginap (alamat, jam operasional, perkiraan harga, fasilitas, website, cara menuju ke sana)

7. Tempat makan (alamat, jam operasional, perkiraan harga, menu, cara menuju ke sana)

Untuk poin 6 dan 7, kita bisa liat listnya di dalam kurung. Kita lengkapi aja semuanya. Jangan lupa fotonya, supaya lebih menarik dan informatif.

8. Tempat wisata menarik, tempat belanja*, (alamat, jam operasional, tiket masuk, cara menuju ke sana)

Kalau kita menceritakan kota, kita akan banyak bercerita juga di poin ini. Kalau kita menceritakan satu tempat seperti Great Wall tadi, maka ceritakanlah tempat di sekitarnya. Siapa tau ada yang bisa disinggahi sebentar. Tempat belanja juga bisa dijelaskan. Biasanya pada nyari souvenir. Coba ceritakan dimana kita bisa mendapat berbagai souvenir.

9. Itinerary dan Budget

Kalau ini, bisa kita ceritakan saja contoh dari perjalanan kita sebelumnya. Karena biasanya orang akan membuat iti (itinerary) baru atau ya mencontek saja punya orang lain untuk lebih mudahnya. Untuk budget, ceritakan juga berapa banyak uang yang kita bawa atau berapa yang perlu disiapkan di dalam atm. Jaga-jaga juga kalau tidak ada atm. Haha dulu sih saya bawa uang tunai.

10. Dokumentasi Foto

Nah, menurut saya, ini adalah bagian terpenting. Dengan foto, semua bisa diceritakan. Maka dari itu, kita seharunya memilih foto yang informatif. Jangan hanya pasang foto selfie atau wefie kita aja. Boleh juga sih pasang foto pribadinya, tapi pilihlah yang pemandangannya buaguusss banget supaya orang tertarik datang.

11057213_940583882674591_1500814192598224451_o

sumber foto: littlegreybox.net

Dari 10 poin di atas, kita tidak harus menceritakan sesuai urutan. Bisa saja kita mulai dari persiapan keberangkatan, atau malah dari dokumentasi foto supaya orang tertarik dulu untuk membacanya. Suka-suka kita mengatur urutannya.

Kira-kira begitulah Cara Mereview Suatu Tempat.

Saya juga baru mau nyoba review pakai list ini. Hehe

Selamat bercerita!

One thought on “Cara Mereview Suatu Tempat

  1. Pingback: 66 hari odopfor99days | brightsightrads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s