Potensi Penanaman di Kupang

#odopfor99days #day56

Bismillahirrahmaanirrahiim

Di sini mau sedikit melakukan analisis kecil-kecilan tentang Potensi Penanaman di Kupang.

Kupang sebagai ibukota dari provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), berlokasi dekat dengan laut. Tak heran suhu di sana kisaran antara 23,8 °C – 31,6 °C (1). Dibandingkan dengan Bandung, termasuk panas ya. Apalagi di dekat pantai.

Kupang.jpg

Membicarakan potensi penanaman, tentu bisa digali dulu apa yang menjadi fokusnya. Dari sumber yang saya baca, Prof. Dr.Ir. Irham, MSc, dalam seminar internasional bertema Mapping the Political Economy and Sosio-Cultural Cooperation between Indonesia and the Middle Eastern Countries, mempresentasikan tentang Sosioeconomic Aspect of Dry-land Agriculture Development: Finding Implications Towards Indonesia-Middle East Cooperation. (2)

Beliau menjelaskan bahwa total area lahan kering di Indonesia mencapai 33,7 juta hektar dan sebanyak 18 juta hektar telah terdegradasi. Lalu berapa luas areal lahan kering di NTT?Ternyata ada sekitar 3.351.241 hektar dan dari lahan seluas hampir 3,5 juta hektar tersebut ternyata baru 34 persen yang telah dikelola oleh masyarakat. (2)

Perbandingan pengelolaan lahan kering Kupang.jpg

Perbandingan pengelolaan Lahan Kering di Kupang, sumber (2)

Jenis-jenis tanah pertanian yang ada di Kupang diantaranya Mediteran, Alluvial, dan Grumosol. (2) Pada lahan kering tersebut, ada potensi penanaman untuk produksi misalnya jenis tanaman pangan,ada jagung, ubi kayu, padi gogo, kacang-kacangan, sorghum hingga labu-labuan, tanaman keras/perkebunan juga tak kalah menariknya sebut saja kopi, coklat, jambu mente, asam, kemiri, lontar, kelapa, kapuk, vanili sampai yang lagi naik daun saat ini yaitu jarak pagar dari yang diusahakan secara intensif hingga yang dibiarkan tumbuh liar tanpa perawatan. (2)

jenis tanah Kupang.jpg

Tabel sifat tanah dan jenis tanaman berdasarkan tipe tanah, diresumekan dari sumber (2) dan (3).

Kalau dari pengamatan rekan saya yang pernah ke Timor, memang lahan kering si sana sangat mayoritas. Permasalahan utama adalah air. Untuk itu, dalam kepentingan desain, pemilihan tanaman harus disesuaikan dengan daerahnya tapi yang tidak terlalu membutuhkan air. Menurutnya beberapa pohon yang berada di sana diantaranya pohon Kapuk, kapuk merah, kelapa, waru, agave, kaktus, lidah buaya, kamboja Portugal.

Contoh tanaman yang bisa hidup di Timor sana

Jadi tujuan postingan ini apa sih? Ya buat mengetahui kira-kira tanaman apa yang bisa ditanam di sana, gimana karakter tanahnya, mana yang bisa dijadikan tanaman produksi. Nah dari sini bisa dijadikan penelitian lebih lanjut kalau ada yang mau hehe. Sekian tentang Potensi Penanaman di Kupang, Nusa Tenggara Timur Indonesia. Semoga bermanfaat, mohon maaf atas ke-sotoy-an saya.

Referensi:

  1. ^ Kota Kupang: Geografi –> wikipedia.org, diakses pada 21 Maret 2016
  2. Mampukah lahan kering di NTT berproduksi? –> spiritentete.blogspot.co.id, diakses pada 21 Maret 2016
  3. Mengenal Jenis, Karakter, Penyebaran dan Pemanfaatan Tanah Pertanian di Indonesia –> organichcs.com, diakses pada 21 Maret 2016

 

 

One thought on “Potensi Penanaman di Kupang

  1. Pingback: 66 hari odopfor99days | brightsightrads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s