Penciptaan yang Detail

#odopfor99days #day57

Bismillahirrahmaanirrahiim

Pemirsa, ternyata Allah yang Maha Besar, adalah satu-satunya tuhan yang harus kita sembah. Kalau kita melihat segala ciptaanNya, sungguh semuanya Penciptaan yang Detail sampai dengan ke sistemnya juga.

Hari ini saya mendengar diskusi teman tentang pemilihan tanaman untuk sebuah proyek. Mereka sedang memilih tanaman sesuai dengan arah mata angin Nawa Sangha. Pemilihannya disesuaikan dengan warna yang muncul pada Nawa Sangha itu. Singkat cerita, mereka sedang mencari satu tanaman yang dapat menjadi pengikat (married) untuk semua konsep tanamann.

“ya udah kita pakai night jasmine aja”

“kaya apa sih?

“Cestrum nocturnum. Dia berbunganya malem aja. Kan pas sama temanya yang rose moon. jadi berbunga di malam hari.”

“ya udah ok”

Dari percakapan itu, sebenernya saya tertarik dengan kata-kata ‘Dia berbunganya malem aja’. Wah Masyaa Allah. Ternyata Allah menciptakan sesuatu dengan detail. Dari tanaman aja, misal si Cestrum nocturnum ini, berbunga pada malam saja, lalu ada lagi bugna pukul 4 yang memang berbunga pada pukul 4 saja. Lalu ada lagi bunga matahari yang berbunga selalu menghadap ke matahari. Jadi setiap tanaman diciptakan berbeda-beda. Mulai dari warnanya, bentuknya, bagaimana perbungaannya, bentuk daunnya, habitatnya dimana, tanamannya tinggi apa rendah apa sedang, bagaimana perkembangbiakkannya, bagaimana cara dia mendapatkan air, dan sebagainya. Waah kerenlah.

nightblooming-jasmine-4

Cestrum nocturnum. Sumber: link ini

Kalau ibu saya suka bilang, kapan ya Allah mendesainnya. Bunga mawar warnanya merah, kenapa bentuknya gitu, kenapa berduri, dan sebagainya.

Semua jenis bunga punya detailnya masing-masing. Masya Allah, Allahu Akbar. Itu baru dari tanaman ya. List kedetail-annya pun masih panjang. Belum lagi hewan, manusia yang ada otaknya (cara kerja otak aja udah ribet deh kalo kita pikirin), gunung, sungai, laut, dan antariksa.

Jadi seharusnya tidak ada lagi alasan bahwa kita harus selalu bersyukur. Allah yang Maha Hebat dapat melakukan segalanya dan semua Penciptaan yang Detail. Da kita mah apa atuh, cuma manusia. Kalau Allah nyentil kita sedikit aja, kita udah uring-uringan. PeeR nih buat selalu bersyukur dan selalu mendekatkan diri kepadaNya. Fiuh!

 

One thought on “Penciptaan yang Detail

  1. Pingback: 66 hari odopfor99days | brightsightrads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s