Mengatur Gambar Dalam Postingan Blog WordPress

#odopfor99days #day54

Bismillahirrahmaanirrahiim

Saya mau coba bikin gimana sih Mengatur Gambar Dalam Postingan Blog WordPress. Selaku blogger awam, menurut saya, gambar punya peran penting dalam blog. Katanya sih gambar akan bercerita buanyaaakk ketimbang kita menulis. Tapi gimana ya cara memasukkan gambar ke dalam postingan?

  1. Klik icon gallery (lihat lingkaran orange)

Cara mengatur gambar di wordpress 03

 

2. Masukkan gambar

Pada tahap ini, ada pilihan Add New dan Add via URL. Untuk Add New, maksudnya adalah kita menambah gambar dari yang kita punya misalnya foto, atau gambar editan. Cara mudahnya, drag saja gambar dari file explorer ke tengah-tengah windownya media library ini. Nanti dia akan mengupload secara otomatis. Bisa kita drag beberapa foto sekaligus. Contoh screenshot yang sedang upload gambar. Lalu klik Continue.

Cara mengatur gambar di wordpress 01

3. Pilih layout

Pada tahap ini, kita bisa mengatur sesuka hati bagaimana tampilan gambat yang akan muncul di blog. Ada tab Preview dan Edit. Untuk tab Preview, kita bisa melihat penerapan layoutnya langsung tanpa masuk dulu ke tulisan postingan. Sedangkan tab Edit, kita bisa mengurangi foto yang sekiranya tidak jadi kita masukkan ke blog. Juga bisa menambahkan keterangan pada masing-masing foto.

Cara mengatur gambar di wordpress 02

Lalu pada tahap ini juga terdapat layout. Terdapat 7 macam layout yang bisa kita pilih dan atur (size gambarnya, kolom gambar, random foto, dan ngelinknya kemana).

Berikut ini contoh penerapan ke-7 tipe layoutnya.

Tipe 1: Individual Images

Pada tipe ini, gambar ditampilkan secara sendiri-sendiri, tidak saling bersanding. Ukurannya bisa kita sesuaikan semau kita. Bisa kita drag mau seberapa besar gambarnya.

zephyranthes-new-dimension-i-9150-s-62158-r-01 starr_021019-0003_zephyranthes_citrina

tipe 2: Thumbnail Grid

Untuk tipe ini, kita mengatur gambar sesuai grid atau barisnya.

Tipe 3: Square Tile

Kalau tipe ini, gambar diatur menjadi persegi semua dan saling bersandingan. Bisa kita edit mau berapa kolom gambarnya. Contoh di bawah ini adalah 4 column. Karena foto yang saya masukkan 6, jadi yang 2 foto menjadi besar dan fit to yang 4 foto.

 

Tipe 4: Tiled mosaic

Kalau tiled mosaic ini pokonya si wordpress akan mengatur layout yang pas untuk gambar-gambar yang kita masukkan. Ini jadinya mirip sama thumbnail grid ya. (hehe bingung juga sayah). Tapi kita tidak bisa atur baris atau kolomnya.

Tipe 5: Circle

Untuk tipe ini, sama juga dengan Square Tile, cuma bentuknya jadi circle aja sih. Ini contohnya 2 column, saya masukkan hanya 4 foto

atau bisa dimaksimalkan jadi 6 column sperti di bawah ini. Bebas sih mau diatur berapa column-nya berapa.

Tipe 6:

Nah ini juga mirip sama Tiled mosaic. Hanya saja, yang ini ukurannya lebih mini. Akan lebih terlihat kalau kita memasukkan beberapa foto dengan layout landscape atau portrait seperti di bawah ini. Oia, ini juga sudah diatur oleh wordpressnya, jadi kita gak bisa atur lagi. IMSU (In My Sotoy Understanding) yah.

Tipe 7:

TIpe terakhir, ini mah slideshow biasa aja sih kaya di bawah ini.

This slideshow requires JavaScript.

3. Klik Insert, dan tadaaaa…

Selamat, kamu sudah berhasil memasukkan foto dengan layout yang menarik kan?

Yah semoga how to simple tentang Mengatur Gambar Dalam Postingan Blog WordPress ini cukup membantu buat teman-teman yaa.

Ayo praktekkan sekarang!

4 thoughts on “Mengatur Gambar Dalam Postingan Blog WordPress

  1. Wah, makasih teh Sharingnya. Saya masih ngasal aja masukin foto, keseringan buka WP di android apps.. Mudah mudah cepet dipraktekin nih ..🙂

  2. Sama-sama teh irna, semoga bermanfaat yaa. Memang kalo di android apps agak susah ya, jadinya individual images aja.🙂

  3. Pingback: 66 hari odopfor99days | brightsightrads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s