Grup Emak Jual Beli

#odopfor99days #day52

Bismillahirrahmaanirrahiim

Lagi pengen cerita tentang dua grup Facebook yang saya ikutin. Keduanya adalah jualan online dan sama-sama beralmamater kampus cap gajah.

ITeBeh motherhood

Sebenernya kalau grup ini sih aslinya adalah forum emak-emak gajah. Grupnya sangat bermanfaat. Berbagi info, tanya jawab soal anak, pendidikan, keuangan, investasi, asuransi, berkeluarga, permasalahan ART, curhatan, nyari barang, nyari orang, banyak banget topik diskusinya deh. Tapi seiring berjalan waktu dan atas kebutuhan yang meningkat dari para emak, maka dibuatlah satu hari khusus untuk jualan. Dengan hashtag pasjum (#pasjum) yang berarti pasar jumat ini, selalu ramaaai dikunjungi.

Apa aja sih yang dijual? Ga terlalu jauh dari kebutuhan emak-emaklah. Baju emak, sepatu emak, baju-baju anak yang unyu bangeett, sepatu anak, mukena, kerudung, pashmina, makanan (pempek, kue, ice cream, puding, dsb), kosmetik, investasi, sprei, buku, mainan, dan segala macam yang berhubungan dengan emak-emak. Asli deh, hampir setiap jumat ini selalu ada status ibu-ibu yang menunjukkan kegalauannya karena hashtag pasjum grup ini.

“kekep token”
“galaau pasjum”
“Ya Allah kuatkan hamba melihat pasjum hari ini”

Ya kira-kira begitulah status beberapa emak kalau hari jumat. Bahkan para adminah grup pun posting meme yang bikin ngakak dan makin bikin emak-emak galau. Ini asli emak ITBmh yang bikinnya juga.

Para penjual diburu waktu yang cuma satu hari itu untuk gelar lapaknya. Ada juga yang posting dulu, detail jualan belakangan, demi bisa berjualan.
“Saya mau jualaaaan X, Y, dan Z. Tapi detailnya nanti siangan ya. Lagi rempong.”
Para pembeli yang sudah standby pun tak kalah sigap. Mereka gelar tiker di lapak-lapak yang menarik.

“jejak”
“duh racun”
“jejaaak *kemudian pingsan*”
“Astaga”
“mupeng”
“duuh Pengeeen”
“pasang mata”

Pada adminah di grup ini juga kreatif banget. Bikin peraturan yang ketat, supaya para penjual ini lebih disiplin dalam berjualan, dengan tujuan lebih dipercaya. Dan asli, para emak ini selalu menunggu hari jumat dari pagi buta sampai dini hari. Para penjual hanya boleh posting pada hari jumat saja. Dan setiap senin mereka harus menghapus postingan jualannya. Bagi yang tidak patuh, maka dikenakan sanksi untuk tidak berjualan pada minggu berikutnya.

Ini nih ya emak-emak doyan jualan dan beli-beli (lebih banyak yang beli sebenernya yaa). Ada juga yang jualan, dia beli juga di lapak sebelah. Kocaklah jualan emak-emak ini. Jadi para emak gajah bisa windows shopping/screen shopping hari jumat di hashtag pasjum. Termasuk saya yang suka galau, ga tahan liat lapak digelar.

Nah itu cerita tentang Grup Emak Jual Beli di ITeBeh motherhood.

Ada satu lagi nih grup jualan yang lebih ng-alumni gajah dan gak kalah seru. Silahkan ke next post ya. Kalau teman-teman, ikut grup jualan online juga gak?

 

2 thoughts on “Grup Emak Jual Beli

  1. Pingback: Grup Jual Beli Anak Kampus Gajah | brightsightrads

  2. Pingback: 66 hari odopfor99days | brightsightrads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s