Faedah dan Hikmah Terjadinya Gerhana

#odopfor99days #day44

Postingan ini memang sengaja saya buat bukan untuk rame-ramean, tapi untuk peringatan diri saya pribadi. Karena selama ini saya tidak menunjukkan kekhususan saat terjadinya gerhana melainkan hanya berupa pergerakan matahari, bulan, dan bumi saja.

Berikut ini saya copy dan paste dari books.google.co.id, yang berjudul Ensiklopedi Shalat jilid 3. Pada bab shalat gerhana, dijelaskan secara urut dan lengkap. Disini saya hanya akan membahas sesuai judul yang saya tuliskan, yang mana juga merupakan salah satu sub sub bab dari buku ini.

Gerhana mempunyai beberapa hikmah yang agung, diantaranya terdapat tujuh faedah. Ibnul Mulqin berkata: “Muhibbuddin ath-Thabari menukil kitab Ahkaam-nya sebagian ulama, bahwasanya peristiwa gerhana mengandung tujuh faedah, yaitu:
1. Memberitahukan adanya pengaturan pada matahari dan bulan, sedang keduanya adalah makhluk yang besar.
2. Peralihan pada kedua benda langit tersebut akan menampakkan perubahan kondisi setelah terjadi gerhana.
3. Membuat hati yang tenang dengan kelalaian menjadi gelisah dan tergugah.
4. Ummat manusia melihat contoh peristiwa yang akan terjadi pada hari kiamat. Allah berfirman dalam QS. Al Qiyaamah: 8-9

‘Dan apabila bulan telah hilang cahayanya, dan matahari dan bulan dikumpulkan.’

5. Keduanya (matahari dan bulan) yang berada dalam keadaan sempurna pun mengalami gerhana, tetapi kemudian Allah mengasihi keduanya sehingga benda angkasa tersebut dikembalikan ke kondisi semula. Ini merupakan peringatan agar manusia takut terhadap makar Allah dan mengharapkan ampunan-Nya.
6. Pemberitahuan bahwa Allah kadang-kadang menurunkan adzab kepada orang yang tidak berdosa, dengan harapan orang yang berdosa menjadi takut.
7. Ummat manusia terbiasa mengerjakan shalat fardhu. Mereka melakukannya tanpa merasa gelisah dan takut. Allah pun mendatangkan tanda kebesaran-Nya (gerhana) sebagai sebab atas shalat ini, agar ibadah itu dilaksanakan dengan rasa cemas dan takut, meskipun bisa jadi meninggalkan perasaan ini telah menjadi kebiasaan mereka dalam shalat-shalat fardhu.

di sumber lain juga disebutkan faedah lain dari gerhana yaitu:
1. perintah untuk bersegera mendirikan shalat, berdzikir, dan bersedekah, atau mengerjakan amalan-amalan lainnya ketika terjadi gerhana, sebagaimana Rasulullah saw bersabda:

“apabila kamu melihat gerhana matahari atau bulan itu maka bangun dan beribadahlah” (HR. Bukhari)

2. Di dalamnya juga terdapat larangan dan teguran dari banyaknya tertawa dan lebih banyak bermuhasabah dan menangis karena Allah swt.
3. Di dalamnya terdapat sanggahan bahwa gerhana muncul akibat sesuatu terjadi, melainkan atas izin Allah saja.
4. Terdapat pesan kebaikan, terlebih lagi sedekah yang menfaatnya berkepanjangan. Sabda Rasulullah:

” Matahari dan bulan itu adalah 2 bukti dari tanda-tanda kebesaran Allah Ta’ala, tidak terjadi gerhana itu disebabkan kematian dan tidak karena kelahiran seseorang, maka jika kamu melihat gerhana itu, bersembahyanglah dan bersedekahlah kamu” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Kalau boleh saya misalkan, gerhana ini mirip seperti peristiwa tidur. Keduanya menunjukkan akhir kehidupan. Tetapi saat tidur, kita dibangunkan lagi oleh Allah. Begitupun gerhana, matahari, bumi, dan bulan dikembalikan ke posisi semula.

MasyaAllah

Sumber:

https://books.google.co.id/books?id=RVY1Mtg1TxwC&pg=PA10&lpg=PA10&dq=hikmah+gerhana+menakutkan&source=bl&ots=p-4_JKC7A3&sig=B9dVDsIU5TBtFUFGceH-O5gs8g8&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjTjezvrbHLAhXPJI4KHWVqArwQ6AEIIzAB#v=onepage&q&f=false

http://www.al-azim.com/masjid/gerhana/hikmah.htm

One thought on “Faedah dan Hikmah Terjadinya Gerhana

  1. Pingback: 66 hari odopfor99days | brightsightrads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s