Sosmed: Buku Muka

#odopfor99days #day42

Bismillahirrahmaanirrahiim

Sebagai negara yang pengguna facebooknya banyak dan mencapai peringkat 4 dunia (lihat sumber http://worldknowing.com/top-10-most-facebook-user-country-in-the-world/) , tentunya perlu evaluasi mendalam bagaimana kebermanfaatan sosial media ini.

Bagi saya facebook pada awalnya memang hanya untuk jejaring dengan teman yang kenal. Berlanjut ‘keingintahuan’ aktivitas orang-orang yang saya anggap hebat (ataupun tidak, tapi menarik perhatian saya) di kampus. Namun, seiring waktu berjalan, saya menemukan banyak manfaat dari Buku Muka ini.

1. Stalking friends. Bagi sebagian orang, stalking ini bisa berarto negatif. Bagi saya ini positif. Kita bisa tau update kabar teman kita. Contohnya, sekarang ini sedang banyak foto berseliweran adalah anak, dan sekolah di luar negeri. Ya mungkin masanya saya, orang-orang yang sekitaran umur saya, sedang beranak pinak, dan masanya melanjutkan sekolah.
Buat saya positif, walaupun ada aja yang negatif. Sebenarnya tergantung dari, dengan siapa kamu bergaul, maka info itulah yang kamu dapat (saya, 2016). Tapi memang stalking ini adalah bentuk kurangnya kerjaan, sebaiknya ga perlu dilakukan sih yaa. Hehe

2. Stalking good peoples
Saya suka stalking para arsitek, ustadz/ustadzah, trainer, penulis, ibu-ibu profesional, orang-orang yang punya ilmu keren, dan masih banyak lagi. Jadi timeline saya isinya hal-hal manfaat yang dipost orang-orang tersebut. Ada ceramah, ada yang lagi kunjungan ke negara dengan arsitektur keren, ataupun postingan karyanya yang baru aja selesai, buku yang baru keluar, etc.

3. Tips n trik
Udah pasti taulah ya, banyak banget share artikel dan tips trik sesuatu. Dan yang sering saya lihat adalah MAKANAN, bagaimana cara bikin ini itu, cara penyajian, bagaimana DIY di rumah sendiri, bagaimana DIY bikin mainan anak, banyak banget deh.

4. Kegiatan seprofesi
Kalo saya pribadi, suka ngelike page yang berhubungan dengan profesi. Kadang kalau lagi stalking, dan ngeliat postingan di page sesuatu itu, saya suka jadi ngelik ke websitenya, dan jadi liat yang lain-lainnya. Misalnya page Landscape Architecture Network, Landarch, Idea, dan lain-lain. Jadi wawasan saya jiga nambah dari buka facebook, karena page yang saya ikuti lumayan banyak yang menyangkut soal profesi.

5. Komunitas
Lewat facebook ini juga saya dapet komunitas-komunitas yang oke. Sampai muncul juga di grup WA. Misal: ITBmotherhood, Institut Ibu Profesional, Event ‘One Day One Post, Sabumi Homeschooling, Ikatan arsitektur lanskap, daaan masih banyak lagi yang lain. Dari komunitas ini juga banyak banget ilmu, info menarik, penyemangat, yang sangat berguna buat saya.

Jadi memang kalo disuruh meninggalkan facebook karena si empunya nya mendukung LGBT, susah juga yak.

Tapi tolong jangan lakukan hal-hal seperti di bawah ini ya, ini untuk peringatan diri saya sendiri juga sih.

1. Curhat di status
Sudah berkali-kali saya mendengar orang yang tidak suka dengan curhatan di dalam status. Yah emang sih akun ya akun gue terserah gue. Itu aib sendiri loh.

2. Menginvite teman-teman ke game yang kamu mainkan. Karna orang pasti ada yang terganggu, bahkan mungkin sebagian besar.

3. Jangan memasukkan orang ke sbarang grup. Ini apalagi tanpa persetujuan orangnya. Mending kalo isinya bagus, kalo isinya negatif dan gak jelas? Isi tineline juga gak jelas.

4. Jangan men-SHARE/BAGIKAN hal-hal yang buruk. Ada hal-hal yang layak kita share, gambar indah, berita/kisah yang bagus, dsb. Tapi ada hal-hal yang memang niatnya adalah kita ingin mengingatkan orang lain, sehingga tersebarlah dimana-mana keburukan tersebut. Saya pun melihat hal yang tidak pantas dilihat di timeline saya. Yaitu pelajar yang melakukan ‘kiss’, 3 foto dalam 1 postingan itu. Saya pun mengklik orang tersebut, ternyata sudah puluhan ribu share! Astaghfirullahaladziiim.

Oke, semuanya ini berlaku untuk semua jenis sosial media yaa. Jadi berhati-hati juga dalam bersosialisasi digital. Semoga kita bisa menebar manfaat. Aamiin

One thought on “Sosmed: Buku Muka

  1. Pingback: 66 hari odopfor99days | brightsightrads

Leave a Reply

