Dirgahayu IALI

#odopfor99days #day39

Hari ini 25 Februari 2016, PD IALI Jawa Barat mengadakan serangkaian acara dalam rangka menyambut ulang tahun IALI yang ke-38. “Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia atau IALI merupakan satu-satunya organisasi yang mewadahi dan mewakili Arsitek Lansekap di Indonesia, termasuk para mahasiswa/mahasiswi arsitektur lansekap dan seluruh elemen masyarakat yang berempati terhadapp issue – isue konservasi alam dan budaya, pembangunan kota hijau, dan pembinaan lingkungan binaan yang sesuai dengan visi misi organisasi IALI” (kutipan dari sini). IALI resmi dibentuk pada tanggal 4 Februari 1978 oleh  Dr. Soemarno Sastroatmodjo, lr. Zain Rachman, Atje Dimyati Salfifi BAP, dan Basuki Triwidodo, BAP.

AuRtTvNgMTXOdZMCBDV5WydRipkyiiiSePWt38vsICad.jpg

Poster Rangkaian Acara HUT IALI 25 Februari 2016

Acara dimulai dengan pembukaan yang dilaksanakan di pendopo walikota Bandung (sebelah selatan Taman Alun-alun Bandung) yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lapangan taman kota Bandung. Peninjauan ini dilakukan dengan berjalan kaki dari pendopo ke Taman Alun-alun Bandung dan Taman Cikapundung. Kemudian dilanjutkan dengan melihat pameran karya lomba foto di Jalan Ir. Soekarno.

P_20160225_084749.jpg

Suasana pameran karya lomba foto ‘Aku dan Taman Kotaku’

Lomba foto yang diadakan oleh IALI Jawa Barat ini bertujuan untuk mensosialisasikan fungsi dari keberadaan ruang terbuka hijau kota. Maka lomba foto yang diadakan bertema “Aku dan taman kotaku”. Dari sekitar 200 lebih foto yang terjaring, begitu banyak yang memperlihatkan bahwa taman atau ruang terbuka hijau sangat diperlukan oleh masyarakat. Para juri memilih 50 foto terbaik dan kemudian menentukan 3 juara. Setelah terpilih 50 foto terbaik, panitia lomba foto mengikutsertakan khalayak untuk turut serta memilih juara favorit, dengan jumlah like terbanyak di jejaring sosial facebook.

Pemenang lomba foto HUT IALI 38.jpg

Kolase foto pemenang lomba foto

Setelah melihat pameran karya lomba foto, peserta diajak ke hotel Ibis Braga untuk acara Diskusi Panel. Namun sebelum diskusi dimulai, Para sponsor mempresentasikan berbagai produknya yang menambah pengetahuan kami tentang teknologi material atau aplikasi yang berhubungan dengan lansekap, diantaranya adalah Trisigma, b Foam, dan Cisangkan.

Diskusi panel menghadirkan perwakilan dari Diskamtam kota Bandung, Bapak Dadang Darmawan, perwakilan dari kimrum provinsi Jawa Barat Ibu Isma Andini, dan perwakilan praktisi Lanskap Bapak Iwan Ismaun. Inti dari diskusi panel diantaranya adalah bagaimana perwujudan kota yang mempunyai taman atau ruang terbuka hijau (yang saat ini diatur harus 30%) baik secara kualitas maupun kuantitas.

P_20160225_155828.jpg

Suasana diskusi panel

Diskusi Panel menutup rangkaian acara HUT IALI ke-38. Semoga arsitektur lanskap ini lebih ‘terdengar dan terpakai’ mengutip sang moderator diskusi Bapak Agus Soeriaatmadja. Dirgahayu IALI!!

 

One thought on “Dirgahayu IALI

  1. Pingback: 66 hari odopfor99days | brightsightrads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s