Penyebab anak tidak percaya diri

#odopfor99days #day32

Bismillahirrahmaanirrahiim

Ketidakpercayaan diri anak seringkali menyebabkan orangtua menjadi risau. Ketika ini dibiarkan, akan mengganggu perkembangan anak. Apalagi ketika dibiarkan sampai dewasa. Anak membutuhkan kekuatan dan keterampilan pada dirinya.

Diantara tandanya adalah:
1. Sulit menyampaikan sesuatu yang ada dalam hatinya. ketika ditanya seringkali gagap.
2. Cenderung untuk menutup dirinya. malu maju ke depan, baik itu di kelas, di panggung, maka dia terlihat nervous, gemetar.
3. Tidak mampu untuk berfikir secara mandiri. ketika menemui masalah, mendapatkan kesulitan, langsung meminta bantuan orang lain. dia tidak berusaha memecahkan permasalahan sendiri, tapi langsung meminta bantuan. Karena dia memiliki perasaaan tidak mampu, tidak percaya pada dirinya. lain halnya jika anak tersebut sudah berusaha tapi dia tidak mampu.
4. Selalu dihantui rasa takut dan bahaya. keluar rumah takut, disuruh belanja, takut.

Cari dulu permasalahannya, pemicunya.
Penyebab pertama adalah kekeliruan/kesalahan dalam cara mendidik. Anak bukan coba-coba, karena dia adalah generasi penerus. Kalau kita salah, maka kita telah merusak 1 generasi ke depan. Kerusakan satu generasi ini, bisa puluhan ratusan tahun efeknya. Mungkin kita salah dalam mendidik seperti mendidik dengan ancaman dan celaan, mendidik dengan penuh kecurigaan. jangan dituduh. makanan ga habis, mainan ga dibereskan. pulang terlambat, dituduh main ps, dan sebagainya. Atau juga dididik dengan kasar dan sikap kasar.

Semoga kita dituntun untuk selalu memperbaiki diri, mendidik anak sesuai syariat, dengan kasih sayang, sehingga tumbuh kepercayaan diri pada anak yang membuat anak menjadi mendiri dan dapat menjadi pribadi tangguh. Aamiin

Diambil dari ceramah ust. Abdullah Zaen.
Bisa disimak disini ceramahnya.

One thought on “Penyebab anak tidak percaya diri

  1. Pingback: 33 hari odopfor99days | brightsightrads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s