Apakah kita termasuk yang terpilih?

#onedayonepost #odop #day19 #odopfor99days

Bismillahirrahmaanirrahiim

Hari ini saya ikut kajian pertama kali setelah hampir 2 tahun vakum. Materinya pun langsung menancap dan semoga kita bisa menjadi yang terpilih.
Berikut resumenya.

وَالْعَصْرِ
Demi masa.
إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ
Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ
kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
Qs. AL ashr 1-3

Nama surat ini ada yang mengartikan sebagai waktu kehidupan, ada pula yang mengartikan sebagai waktu ashar, sholat ashar, alias sore. Karena waktu ashar ini adalah waktu yang seringkali orang melalaikannya.

Waktu ini tidak bisa berulang seperti jam putarnya milik hermione dalam film dan buku novel laris Harry Potter. Dimana si Hermione ini bisa mengulang waktu, untuk mengikuti kelas yang dia tidak paham dengan memutar kalung jam putarnya.

Ada yang memperkirakan bahwa Islam hanya bertahan dalam 1500 tahun saja. Kalau dikurangi tahun hijriah plus berapa tahun sebelum masehi masa Rasulullah, maka kira2 waktunya tinggal 50 tahunan lagi. Memangnya kenapa kalau islam sudah selesai? Berarti kehidupan kuga akan berakhir. Dimana tidak ada lagi di dunia ini yang mengingat Allah. Yaa ini kan perkiraan manusia ya. Wallahu a’lam.

Tanda tanda akhir zaman sebenarnya sudah banyak muncul. Kita ada yang ngeh tapi diam saja. Ada juga yang gak ngeh. Kelahiran Rasulullah saw merupakan salah satu tanda akhir zaman. Karena beliau adalah nabi akhir zaman. Jadi memang kita berada di masa ini. Ketidakhormatan kepada orangtua juga tanda dari akhir zaman, banyaknya pezina, keburukan yang dipuja-puja, sedangkan kebenaran malah dibully, munculnya dajjal, dan sebagainya.

Sekarang ini pertumbuhan manusia meningkat tajam. Dari jaman dulu kala sebelum tahun 1800 pertumbuhan manusia standar dan cenderung stagnan, lalu pertumbuhan mulai tahun 1900, penduduk bumi bertambah menjadi dua kali lipat. Dan saat ini sudah bertambah 6 kali lipat dari yang awal. Bisa dibayangkan kebutuhan manusia akan semakin banyak. Apakah bumi ini masih bisa menyediakan seluruh kebutuhan manusia? Jangka waktu yang pendek ke depan, bisa saja pertumbuhan manusia bertambah lagi. Sampai akhirnya bumi tidak bisa lagi menopang atau kenampung keberadaan manusia. Sudah siap? Ya itulah saat hari terakhir zaman ini. Ini adalah hitungan matematis dari jumlah penduduk tentang ciri akhir zaman.

Dalam bukunya Yusuf Qardhawi tentang manajemen waktu, dibahas bahwa di akhirat nanti, manusia akan meminta kembali ke dunia meski 1 detik. Gimana dengan kita yang masih hidup? 1 detik mah lewat biarin aja deh. Cuma satu detik. Padahal lewat satu detik itu kita bisa beramal shalih. Jadi inget ada seorang teteh, ketika dia membuka laptop dan menekan tombol powernya, dia membuka lembaran Qurannya, sampai menunggu booting selesai. Jadi tidak ada waktu yang ‘hanya’ menunggu saja. Subhanallah.

Begitulah memang manusia punya kecenderungan untuk menyia2kan waktu, kecuali Rasulullah saw. Jadi memang manusia cenderung merugi dalam hidupnya. Inilah maksud dari ayat 2 surat Al Ashr.

Bersambung

One thought on “Apakah kita termasuk yang terpilih?

  1. Pingback: 33 hari odopfor99days | brightsightrads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s