The Good Line: Konsep Keterhubungan

#odopfor99days #odop #onedayonepost #day16

Bismillahirrahmaanirrahiim

Terinspirasi dari High Line milik kota New York, pemerintah NSW juga membuat pedestrian mall yang menghubungkan berbagai aktifitas di sebuah area. Sydney Harbour Foreshore Authority sebagai klien, mempercayakan pada Aspect Studios untuk mendesain dalam rangka memenuhi kebutuhan kotanya. Keterhubungan, berkelanjutan, serta inovatif dalam desain. the Goods Line ini merupakan salah satu Top 10 Architecture Landscape Project 2015 versi landarch.com.

Bahasan High Line, New York ada disini.

Berlokasi di Sydney, Australia, The Goods Line hadir untuk menjadi area hijau yang berkualitas di tengah kota. Memang di sekitarnya terdapat berbagai kepentingan seperti area pendidikan, mall, pelabuhan, institusi kebudayaan, dan stasiun kereta bawah tanah.

lokasi The Goods line Sydney2

tampak atas lokasi the Goods Line

pro_as_tgl_im27_750w_394h

aspect.net.au

the-goods-line-sydney-linear-park-aspect-studios-chrofi-designboom-07-818x780

designboom.com

Site awalnya adalah area industri (rail infrastructure to social infrastructure) yang berkesan spooky gitu mungkin ya. Maka The Goods Line dirancang sedemikian rupa agar menjadi menarik dan ramah dengan manusia.

croppedimage1600900-vision-1-compressor

thegoodsline.aspect.net.au.

Aspect studio merancang dengan susah payah demi memenuhi kebutuhan kepentingan umum, dan keinginan pemerintah. Semua detail dipikirkan seperti desain dari furnitur lanskapnya, pencahayaan, dan lain sebagainya.

Keunikan desainnya adalah penanaman semak dan pengaturan batu-batu (gravel) diantara rel kereta api, untuk menunjukkan bahwa area ini punya sejarah industri.

 

Semua foto yang saya capluk di atas, saya ambil dari link berikut di bawah ini. Silahkan kalau mau lihat lengkap foto-fotonya bisa di link berikut ini:
1. http://www.designboom.com/architecture/the-goods-line-sydney-linear-park-aspect-studios-chrofi-09-01-2015/
2. http://aspect.net.au/?cat=29
3. http://thegoodsline.aspect.net.au/
4. http://www.bestsydneywalks.com/the-goods-line/
5. http://www.landezine.com/index.php/2015/10/the-goods-line-by-aspect-studios/

BANDUNG PEDESTRIAN WALK, kenapa tidak?

Nah saya jadi kepikiran membuat semacam ini di Bandung. Dimana?? Di pusat kota tentunya. BIP< Gramedia dan BEC ini adalah 3 tempat yang orang seringkali menjadikan destinasi dalam satu waktu. Tapi sayang, untuk pejalan kaki, harus melalui 2 jalur kendaraan yang ramai.

bip, gramedia, bec2

Posisi Upline yang menghubungkan BIP, Gramedia dan BEC. Tanda panah menunjukkan tangga atau akses untuk dari dan ke bangunan di sekitarnya. #idesaya

Konsepnya adalah seperti High line nya New York, yaitu membuat pedestrian mall melayang, alias tidak di bawah tanah. Ya saya mah baru kepikiran idenya aja sih, siapa tau ada yang mau mengadopsi menjadi Tugas Akhir atau tesis, atau bahkan pemerintah mau bikin, atau malah BIP, Gramedia dan BEC mau memfasilitasi ini. Pasti makin rame deh, dan yang penting, aman dan memudahkan untuk pejalan kaki.

 

Bersyukur bapak dosen saya tingkat 1 alias Pak EMil yang lagi menjabat Walikota Bandung, sangat memperhatikan kebutuhan taman kota. Bolehlah pak, ditambah satu lagi ini hehe..

Happy walk, pedestrian!!

One thought on “The Good Line: Konsep Keterhubungan

  1. Pingback: 33 hari odopfor99days | brightsightrads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s