Berlibur murmer di ‘Situ’

Di ‘Situ’, yak, Situ artinya danau dalam bahasa Sunda.  Ada banyak pilihan situ di Jawa Barat ini diantaranya Situ Bagendit, Situ Batu, Situ Ciburuy, Situ Cileunca, Situ Darma, Situ Emuh, Situ Gede, Situ Lembang, Situ Panunjang, Situ Patenggang, Situ Sari, Situ Sari Wetan, Situ Terate, dan lainnya. Mumpung long weekend, saya dan beberapa saudara berkesempatan mengunjungi dua Situ yang cukup dikenal yaitu Situ Ciburuy dan Situ Cileunca. Berikut sedikit narasi dari saya.

Situ Ciburuy

Situ Ciburuy berlokasi di Desa Ciburuy, kecamatan Padalarang. Sekitar 15 km dari Bandung. Untuk aksesnya, bisa keluar tol padalarang, lalu menuju arah Citatah/Cianjur sekitar 4 km. Atau kalau dari arah Cianjur, Situ ini ada di sebelah kiri jalan. Luasnya sekitar 28 hektar.Situ ini merupakan situ alami yang berdasarkan keterangan dari si bapak pendayung, menerus ke Saguling airnya.

Karena dekat dari rumah, saya dan saudara2 bermotor ria saja. Bayar Rp 5.000,- per motornya. Kalau sepi, kayanya bisa langsung masuk aja kali ya. Untuk naik perahu, tarifnya Rp 10.000,-/orang. Wajar sih, soalnya si perahu pake tenaga alami alias ngedayung si bapaknya. Tapi kalau mau, kita bisa dayung sendiri.

Di situ ini sering digunakan untuk latihan canoe dari UPI. Biasanya setiap hari senin yang ramai untuk latihan. Di tengah situ, ada pulau kecil, dimana terdapat rumah makan dan pemancingan. Jadi pengunjung bisa duduk-duduk santai makan di sana, bahkan mancing dulu sendiri. Tapi sayang, waktu saya kesana, lagi sepi dan belum buka.
Untungnya masih bisa duduk-duduk di pinggir situ, di saung-saung kecil (gazebo). Sambil menikmati es kelapa muda asli. Sekedar informasi, di pinggir situ ini, banyak sekali pohon kersen.

Sayangnya, wisata Situ Ciburuy ini belum dikelola dengan baik. Ada beberapa hal nampaknya perlu mendapat perhatian dari pihak pemerintah maupun swasta diantaranya kebersihan danau yang tidak dijaga. terutama di pinggir-pinggir danau, banyak sekali sampah plastik makanan ataupun plastik lainnya. Sebagai tempat wisata, daya tarik Situ Ciburuy ini masih kurang, mungkin bisa ditambah beberapa daya tarik lainnya. Di samping itu, sebagai danau, buffer areanya masih kurang jauh. Buffer ini bisa digunakan sebagai ruang terbuka hijau. Ruang itu nantinya dapat digunakan sebagai daya tarik misalnya lapangan rumput yang besar, atau area piknik dibawah pohon.

Situ Cileunca

Situ lainnya adalah Cileunca. Lokasinya di Desa Wanasari, Pangalengan sekitar 45 km dari kota Bandung ke arah selatan. Sepanjang perjalanan menuju situ Cileunca ini, kita akan melewati bukit-bukit hijau, atau deretan perkebunan teh. Bagi orang kota, suasana ini menjadi sangat menarik. Bedanya dengan Situ Ciburuy, situ ini merupakan situ buatan, yang berdasarkan sumber lain, dibuat selama 7 tahun (1919-1926). Sungai yang dibendung adalah kali Cileunca yang saat ini bendungan itu disebut Dam Pulo.

Situ ini terbagi menjadi 2 area yang terpisah oleh daratan, dengan total luasnya sekitar 270 hektar (150 ha dan 120 ha). Luas ini diperoleh dari hitungan kasar di google earth.

Secara fungsional, situ ini digunakan sebagai sumber listrik dan air, dan juga temapt wisata. Terdapat beberapa wahana yang bisa dilakukan di situ Cileunca ini diantaranya rafting, flying fox, dan naik perahu (mesin). Mirip dengan di situ Ciburuy, kita akan diantar berputar di sebagian area danau. berhenti di satu daratan dimana terdapat kebun arbei, bisa petik sendiri juga. Lalu kembali ke area gerbang. Sebenarnya ada beberapa tempat singgah untuk wisata di Situ Cileunca ini. Jadi tinggal pilih saja.

Tempat wisata ini belum cukup ramai untuk dikunjungi. So, bagi yang ingin wisata di hari libur, Situ Cileunca bisa jadi pilihan menarik berwisata ke area rural.

Selamat berlibur.😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s