Peralihan yang kaya

Di setiap peralihan atau perubahan sesuatu hal akan mempunyai cerita. Peralihan sekolah dari SMA ke kuliah, ada cerita. Peralihan kuliah kemudian lulus, ada cerita. Peralihan dari lulus lalu kerja, ada cerita. Peralihan dari kerja lalu menikah, ada cerita. Peralihan dari single sampai dengan mempunyai anak, punya cerita. Bahkan peralihan antara hidup lalu mati, juga ada ceritanya.

Cerita dalam peralihan itu akan lebih kaya, lebih banyak, lebih menarik untuk disimak. Baik itu berupa kesenangan, kesedihan, penderitaan, perjuangan, kebersamaan, perpisahan, dan berbagai pengalaman lainnya.

Dalam dunia desain, peralihan juga merupakan sebuah kekayaan desain. Peralihan dari ruang dalam (interior) ke ruang luar (eksterior), peralihan dari bangunan ke lanskap, peralihan antara daratan dan badan air (sungai, laut, danau, dsb), peralihan antara pintu gerbang dan ruang utama, peralihan jenis pohon ke perdu, perdu ke semak, semak ke groundcover, dan sebagainya, dan sebagainya.

Desainer ditantang untuk merancang area peralihan itu menjadi menarik dan berkesan. Di area itulah yang akan banyak cerita, sejarah, latar belakang, kronologi kejadian peralihan dan seterusnya.

Balik lagi ke kehidupan, bahwa peralihan dalam setiap waktu yang kita lewati, hendaknya dirancang dengan baik. Agar memiliki kesan mendalam, melengkapi rangkaian cerita kehidupan.

Mari merancang si setiap peralihan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s