Eiffel Tower, France

Bonjour,

Tadi nonton tvone, tentang liputan bukan jalan-jalan biasa ke Prancis. Katanya, Islam berkembang cepat di Prancis. Dan saat ini Islam menduduki peringkat kedua setelah Katholik.

Salah satu daerah yang banyak penduduk yang beragama Islamnya adalah Aubreville. Katanya di daerah ini suasananya seperti di Indonesia, dimana banyak wanita yang menggunakan jilbab.

Prancis merupakan negara yang menerapkan sistem L’aicite bagi warganya yaitu memisahkan urusan negara dengan agama. Ada satu sekolah umum yang yaah lumayan agak dominan penganut muslimnya, namun di sekolah mereka tidak diperbolehkan untuk melaksanakan ibadah. Tidak hanya islam, tapi juga agama lain. Sekolah itu tidak memperbolehkan segala bentuk kegiatan keagamaan. Wah Alhamdulillah ya, kita masih bebas buat beribadah.

Di sekolah umum di Prancis diterapkan kebebasan, baik beragama maupun hal lainnya seperti bersolek. Siswa diperbolehkan untuk ‘berdandan’ dengan gaya apapun. Nah ternyata, pelajaran khusus keagamaan pun tidak ada, tapi nilai-nilainya dibahas dalam pelajaran sejarah.

Suatu hari, bolehlah mampir mengunjungi Prancis dan daerah Aubreville. Supaya tau kebudayaan negara lain, terutama umat muslim.

Merci

Advertisements