a linear park : new york high line’s park

Ok, kali ini mau coba bahas tentang New York High Line’s Park.

Ada banyak artikel yang membahas tentang taman ini. Yuk kita lirik.

New York High Line’s Park pada awalnya merupakan jalur kereta api yang dibangun satu level dengan jalan raya, ya seperti di Indonesia juga. Tetapi karena banyak kecelakaan yang terjadi, akhirnya jalur ini dikembangkan untuk dibuat High Line atau jalur yang dibuat lebih tinggi seperti jalan layang tapi merupakan jalur kereta api. Jalur kereta api ini berada di bagian Barat kota Manhattan, New York.

High Line dirancang melalui blok-blok kota (centre of blocks) daripada mengikuti jalan raya besar. Tujuannya adalah untuk mencapai ketinggian High Line yang seminimal mungkin sehingga konstruksinya tidak besar. Karena jalan raya besar biasanya dilalui oleh kendaraan-kendaraan yang tinggi dan besar.

Tapi High Line ini berkurang intensitas penggunaannya sejak munculnya pengangkutan barang antar daerah/antar kota dengan menggunakan truk. Sehingga High Line mulai dihancurkan, karena sudah tidak terpakai.

Tahun 1999, terbentuk komunitas yang peduli untuk menjadikan High Line daerah konservasi, namun dapat digunakan juga sebagai ruang terbuka umum. Komunitas ini terus mencari dukungan dari masyarakat sekitar dan berbagai stakeholder, dan pemerintah pun merespon proposal pembangunan Taman dengan bantuan dana.

High Line tahun 1936

Tahun 2006 proyek New York High Line’s Park ini dimulai dengan diketuai Mayor Bloomberg. Taman ini didesain oleh James Corner’s Firm yaitu konsultan Landscape Architecture yang berbasis di New York, arsiteknya adalah tim Diller Scofidio+Renfro,  planting design oleh Piet Oudolf of the Netherlands, dan konsultan sipilnya adalah Buro Happold.

New York High Line’s Park mulai dibuka untuk publik tahun 2009.

Yang paling menonjol dari desain taman ini adalah rel kereta api yang dipertahankan diantara beton-beton cetak yang juga didesain berbentuk strip seperti rel kereta api untuk menyelaraskan, dan keduanya menguatkan kesan linear pembentuk linear park (taman yang memanjang bukan melebar/meluas).

Sebagian rel kereta api yang dipertahankan

Hal menarik lainnya adalah adanya berbagai konsep planting di sini. Terdapat sekitar 210 jenis perennial, rerumputan, semak dan pohon. Keragaman jenis vegetasi dipilih untuk lebih memberikan kesan alami, tidak kaku, kemudahan perawatan lansekap, memperluas lansekapnya, dan membentuk kondisi lingkungan yang lebih spesifik/iklim mikro.

softscape & hardscape meet

Konsep lainnya yang menarik adalah konsep lightingnya. Lighting dirancang di bawah jarak manusia dan banyak diletakkan di seating atau pathways untuk alasan keamanan. Selain itu, tujuan lainnya agar para pengunjung New York High Line’s Park dapat menikmati suasana kota di langit malam.

Lighting in New York High Line’s Park

Foto-foto lainnya dari New York High Line’s Park

New York High Line’s Park

Masih banyak keunikan lain dari desain New York High Line’s Park ini. Referensi lain sudah sangat banyak, silahkan tanya om go*gle.

Kapan-kapan diterusin lagi huehehehe

Salam Lenskep

#mari latihan menulis, membahas, mencerna, memahami

One thought on “a linear park : new york high line’s park

  1. Pingback: The Good Line: Konsep Keterhubungan | brightsightrads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s