anak-orangtua-sekolah

huaah… senangnya sudah melakukan beberapa survey ke sekolah (tepatnya sekolah alam). banyak ilmu dan inspirasi yang didapat.

Tahukah kawan, bahwa pendidikan harus dimulai sejak dini. Apalagi pada masa-masa ‘GOLDEN AGE’ nya anak, adalah masa-masa keemasan yang harus kita masukkan berbagai kebaikan dan ilmu. Mungkin sudah banyak kita dengar tentang anak-anak yang punya kelebihan seperti hafal tokoh-tokoh dunia di usia balita(lupa berapa tahun) gara-gara ikut orangtuanya nonton berita, hafidz Qur’an dan mengerti makna di bawah usia 10 tahun (banyak sekali loh), dan kelebihan-kelebihan lainnya.

Tahukah kawan, mengapa pada masa penyerangan Israel ke Palestina beberapa saat yang lalu, banyak menyerang warga sipil yang tidak berdosa(anak-anak dan ibu-ibu)? Kabarnya telah ada pelantikan sekitar 3000 anak lebih yang hafidz Qur’an, Israel takut kepada anak-anak itu, membayangkan bagaimana jadinya mereka jika dewasa. Takut juga sama ibu-ibu yang akan melahirkan hafidz-hafidz lainnya.

Sekolah Alam menurut saya adalah salah satu solusi untuk itu. Hubungan antara anak-orangtua dan sekolah harus baik. Pendidikan yang baik di sekolah tidak akan berhasil jika perlakuan dan bimbingan orangtuanya tidak sesuai. Begitu pula sebaliknya, jika pendidikan orangtua itu baik tapi lingkungan di sekolah tidak mendukung, harapan kesuksesan pendidikan pada anak tidak akan tercapai. Di Sekolah Alam, memiliki kurikulum dan metoda belajar yang berbeda, sehingga memiliki keunikan tersendiri. Orangtua selalu dilibatkan dalam setiap permasalahan sekolah, termasuk juga bayaran sekolah, semua dirundingkan dengan orangtua, berapa biaya sekolah tahun ini, dan sebagainya.
100_3226
Mengapa alam? Anak-anak dididik untuk dapat mencintai lingkungannya, tidak asing dan mau ikut menjaganya. Selain itu, tujuan lainnya adalah, agar mereka merasakan alam  bebas, tidak terkungkung dengan pendidikan formal antara 4 dinding ruang kelas. Sehingga, mereka dituntut untuk bisa kreatif dan memiliki jiwa kepemimpinan.

Hidup tidak akan seimbang, jika tidak ada unsur religi. Di Sekolah Alam, nilai-nilai islam juga ditanamkan. Misalnya sholat dzuhur dan ashar berjamaah, wajib sholat Dhuha, pembuka dan penutup belajar (tilawah berdoa bersama), hafalan Qur’an.

(wah, kita juga ga boleh ketinggalan, kalo anak-anak saja sudah pintar agamanya, bagaimana dengan kita?)

wajib belajar 9 tahun!!

Masih inget dengan kata-kata itu?

Sayang sekali wajib belajar 9 tahun itu tidak dilaksanakan secara menyeluruh. Masih banyak anak-anak di lingkungan kita yang tidak bersekolah bukan? Nah sayangnya lagi, program ini kurang mendukung pada kehidupan anak itu sendiri. Belajar 9 tahun mengenyam pendidikan dengan tujuan untuk bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih atas, atau memenuhi persyaratan kerja saja, atau sekedar sekolah agar memiliki riwayat pendidikan. Padahal 9 tahun (atau usia akil baligh), seharusnya anak-anak dididik menjadi orang yang bisa hidup mandiri. Nah setelah itu, mereka bisa menentukan arah hidupnya.
school of universe
School of universe, sekolah alam yang satu ini memiliki pendekatan pendidikan terhadap bisnis. Anak-anak dididik untuk belajar bisnis dari mulai TK, sedangkan pendidikan bisnis itu sendiri dipelajari di tingkat Sekolah Menengah (SMP dan SMA digabung menjadi 4 tahun saja). Tentunya kurikulumnya menjadi berbeda. Mereka sudah disuruh magang 1 bulan lalu 1 bulan di sekolah, begitu seterusnya. Pengenalan terhadap dunia nyata (pekerjaan) harus dibenturkan pada anak agar mereka berpikir cerdas untuk masa depannya. Kalau biasanya anak-anak SMP dan SMA sekolah lalu ikut bimbel bahasa atau musik, disini sekolah (bisnis) bimbel pelajaran. Jadi intinya adalah bisnis, bukan pelajaran. Di Sekolah ini memang sudah diseleksi dengan pertanyaan : “Apakah bapak/ibu menyekolahkan anak disini bermaksud untuk dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih atas seperti perguruan tinggi? Jika ya silahkan di sekolah lain saja.” Itu artinya bahwa fokus sekolah ini yaitu pada bisnisnya (jiwa entrepreneurshipnya).

Tetapi tetap saja orang tua adalah faktor utama pembentuk pribadi anak. Jangan suka memakakan kehendak kepada anak. Berilah perhatian yang lebih. Berikan hukuman (yang mendidik dan sesuai) kepadanya jika melakukan kesalahan. Ajaklah selalu untuk melakukan kebaikan.

Yuk kita didik anak-anak Indonesia, dari diri kita sendiri.

4 thoughts on “anak-orangtua-sekolah

  1. Sitenya kerenzzz…oya, saya boleh minta info gak, dimana lokasi sekolah alam yang di foto anda, yang dinding sampingnya pake batu bata. Kebetulan saya juga sedang cari-cari sekolah alam untuk anak saya. Terimakasih

  2. itu lokasinya di Parung Bogor, ada websitenya kalo mau tau lebih banyak..
    http://www.school-of-universe.com
    sekolah alam, memang punya metoda dan kegiatan yang berbeda..kayanya asik belajar di sekolah alam,,
    kalo saya masih anak sd, mungkin saya juga mau sekloah di sekolah alam,,hehe
    selamat mencari sekolah,,semoga anaknya menjadi anak yang cerdas, dan mampu berbuat banyak buat negara tercinta…

  3. halo lia, terimakasih sudah berkunjung, atau mungkin terdampar di blog saya. Perlu foto apa aja? btw, approve friend request fb-nya ya., ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s